Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Feb 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ajang Peningkatan Kualitas, SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Islamic Competition Inspiratif! 21 Siswa Terbaik SMA MUHI Yogyakarta Lulus sebagai Tahfidz Rayakan Milad, SMA Mutu Yogyakarta Gelar Turnamen Bulu Tangkis Antar SMP/MTs se-DIY SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Gelar Turnamen Sepak Bola Antar SMP/MTs Se-DIY Milad ke-76 Tahun, SMP Muhammadiyah 1 Sleman Gelar Jalan Sehat Diikuti Ribuan Peserta Tim Kemenko Marves Apresiasi Gerakan Sedekah Sampah SMP Muhdasa Latih Kesiapan Siswa Jelang ASPD, Muhdasa Gelar Tryout Akbar SD/MI Hebat! SMP Muhdasa Raih Beragam Prestasi di Olimpiade Ahmad Dahlan 2024 Resmikan Gedung SD Muhammadiyah Balerante, Sri Purnomo: Renovasi Wujud Peningkatan Kualitas Pendidikan SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Sukses Borong 15 Medali Olympicad DIY 2024 Selesai Rehab, SD Muhammadiyah Notoprajan Gelar Tasyakuran dan Serah Terima Kunci Santri MBS Al-Muttaqiin Gedangsari Siap Borong Medali OlympicAD 2024 DIY Siapkan Masa Depan Siswa, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Adakan Pembekalan Lewat Program Sekolah, Siswa SMA Muhi Yogya Berumrah ke Tanah Suci Pelajari Budaya dan Bahasa Arab, Muallimin Gelar Arabic Camp 2024 di Mesir Terbang ke Malaysia-Singapura, Mu'allimin Gelar International English Camp Luar Biasa, SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sumbang Wisudawan BTHQ Terbanyak 14 Siswa SMK Muhammadiyah Kretek Terima Beasiswa Mentari Lazismu UMY Sukses SMA Al Mujahidin Wonosari: Sederet Prestasi Hingga Studi Lanjut ke Luar Negeri Menyesuaikan Diri Kembali ke Sekolah Setelah Libur Panjang

Satu-satunya dari DIY, SMA Muhi Yogya Terima Anugerah dari Wakil Presiden RI

Kepala SMA Muhi Yogya Drs. Herynugroho, M.Pd menerima Anugerah Revolusi Mental dari Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin. Foto: SMA Muhi Yogya

JAKARTA - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sekali lagi meraih prestasi di kancah nasional. Sekolah yang terkenal dengan nama SMA Muhi itu menerima Anugerah Revolusi Mental Tahun 2023 Kategori Pendukung Aksi Nyata Gerakan Ayo Berkoperasi pada Rabu (20/12) di Istana Wakil Presiden Jl. Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, pukul 12.30 WIB. 

Lebih istimewa lagi, karena penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P kepada Kepala Sekolah Drs. H. Herynugroho, M.Pd. Penghargaan ini mengukuhkan komitmen SMA Muhi Yogya dalam mengimplementasikan pendidikan perkoperasian kepada seluruh peserta didik melalui koperasi siswa.

Anugerah Revolusi Mental 2023 diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Anugerah ini merupakan apresiasi terhadap usaha dan upaya yang telah dilakukan oleh lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat atau gerakan komunitas yang melakukan perubahan secara nyata, terukur, inspiratif dan berkelanjutan. 

Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin menyampaikan pada sambutannya revolusi mental sebagai gerakan seluruh unsur masyarakat dengan mengangkat kembali nilai-nilai strategis yang diperlukan oleh bangsa dan negara Indonesia mulai dari integritas, etos kerja, hingga gotong royong. 

“Ada tiga nilai utama yang dikembangkan sebagai pengungkit Revolusi Mental adalah Integritas (jujur, dipercaya, berkarakter, tanggung jawab), Etos Kerja (kerja keras, berdaya saing, optimis, inovatif, dan produktif, self-help dan kemandirian), dan Gotong Royong (kerjasama, solidaritas, komunal, berorientasi pada kemaslahatan, kooperatif, tolong menolong),” pungkas Sang Wakil Presiden RI.

Selama delapan tahun, Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dilaksanakan sesuai dengan amanat Inpres No. 12 tahun 2016 telah memberikan berbagai perubahan positif yang telah dirasakan oleh kalangan masyarakat. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat bisa saja murni tumbuh dari inisiatif warga, komunitas, lembaga-lembaga swasta, dunia usaha, maupun organisasi-organisasi yang telah tumbuh dan berkembang selama ini.

“Kondisi positif seperti ini memberikan harapan besar bahwa Revolusi Mental dapat terjadi tidak hanya karena dorongan pemerintah, namun juga muncul karena inisiatif masyarakat luas. Hal ini sangat penting rangka dalam percepatan perwujudan visi Indonesia Emas tahun 2045, salah satu pilar pembangunan sebagai prasyarat untuk memastikan cita-cita tersebut tercapai, yaitu agenda strategis di bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,” tutur Deputi Koordinator Bidang Revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi, Ph.D yang juga Ketua Majelis Dikdasmen & PNF PP Muhammadiyah.

Herynugroho selaku kepala sekolah bersyukur atas raihan penghargaan ini. Beliau berharap penghargaan Wakil Presiden RI akan membawa nilai positif dan semakin menggugah akan kesadaran pentingnya pendidikan perkoperasian. 

Penghargaan ini jdiharapkan bisa memotivasi peserta didik untuk belajar dan membangun kemandirian ekonomi umat melalui gerakan koperasi siswa. Dia mengingatkan semua pihak harus berperan aktif dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. 

Menurutnya populasi generasi milenial, generasi Z, dan generasi post gen Z mencapai 64,69% dari total 270,20 juta jiwa penduduk Indonesia, menjadi potensi besar sebagai penggerak ekonomi kerakyatan. Internalisasi Gerakan Ayo Berkoperasi yang dilakukan secara mendasar menyasar sekolah jenjang menengah memberikan legasi menumbuhkembangkan karakter berkoperasi harus dilakukan secara massif dan sistematis. 

“SMA Muhi memiliki koperasi siswa dan badan usaha milik sekolah yang telah memiliki banyak unit usaha seperti: Muhimart, kantin sekolah, usaha laundry. Harapannya berbagai macam usaha tersebut bisa membantu kemandirian ekonomi sekolah dan bisa menjadi tempat belajar berwirausaha peserta didik. Terbukti telah banyak alumni SMA Muhi yang memiliki usaha di berbagai bidang,” jelasnya. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Yusron Ardi Darmawan, M.Pd

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here