Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jun 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Alhamdulillah Berkah Iduladha, Siswa Mubaligh Hijrah SMA Muha Safari Qurban di Samigaluh Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship

Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu

Foto: Dok. SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta

YOGYA - Setelah menjalani libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta (SMK Muhiyo) kembali melaksanakan aktivitas pembelajaran seperti biasa mulai Senin (22/4). Hari pertama sekolah diawali dengan syawalan yang diikuti oleh seluruh warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan, dan peserta didik dari berbagai jurusan.

Kegiatan syawalan dipimpin Kepala Sekolah Widi Astuti, S.Pd., M.Pd. yang dalam amanatnya menyampaikan permohonan maaf apabila selama mendidik terdapat kealpaan. Menurutnya, hal itu lazim terjadi mengingat manusia tidak pernah ada yang terlepas dari cengkeraman kealpaan dan kesalahan, karena sudah menjadi kefitrahannya.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir batin. Semua khilaf (salah) kepada anak-anak selama 1 tahun ini apabila ada dari kami semua yang itu membuat kalian sakit hati, kami mohon maaf. Kami bukan berarti tidak sayang dengan kalian, justru kalau kami menasihati kalian, itu karena kami sayang kepada kalian,” ujarnya.

Widi mengatakan kegiatan memaafkan tidak stagnan di momen Idul Fitri, tetapi selama siswa pernah melakukan kesalahan dalam bertindak di lingkungan sekolah, pihaknya telah memberi maaf.

Dengan catatan, dari proses tersebut, siswa dapat berkontemplasi dan mereformasi diri untuk tidak melakukan tindakan serupa di kemudian hari.

“Tentu saja kami semua telah memaafkan. Jadi kami tidak memaafkan ketika Idul Fitri, ketika anak telah melakukan kesalahan, pasti orang tua sudah memaafkan. Selama ini tidak ada ganjalan antara guru dengan siswa yang sampai sakit hati, tidak ada. Kita lebur semuanya kesalahan kita di hari yang fitri ini,” katanya.

Beliau mengajak kepada seluruh warga sekolah untuk meningkatkan kualitas diri masing-masing. Terlebih khusus lagi hal ihwal ritus peribadatan, ia mengatakan kalau selama Ramadan telah digembleng begitu rupa untuk disiplin menjalankan ibadah, terutama salat. Juga tadarus Al-Qur’an, infak, sedekah, dan aneka ibadah lainnya sebagaimana dititahkan Allah.

Maka, selepas Ramadhan berlalu, Widi meminta seluruh ibadah dapat terus dilanjutkan dan dikapitalisasi.

“Kita harus meningkatkan yang sudah kita lakukan di tahun kemarin. Ramadhan sudah berlalu, tetapi ibadahnya jangan berlalu, belajarnya juga tidak boelh berlalu. Sekarang justru harus ada peningkatan dari tahun kemarin. Apa yang perlu ditingkatkan, tentu saja ibadahnya. Jadi itu, ibadah mesti ditingkatkan,” tuturnya.

Dalam acara itu, juga dilaunching lapangan terpadu. Menurutnya, keberfungsian dari lapangan terpadu tersebut menjadi sarana infrastruktur untuk memberikan kemudahan dalam pengejawantahan kegiatan pembelajaran bagi para siswa.

Dengan ini, Widi mengharap serta mengajak kepada seluruh siswa untuk menjaga dan merawat lapangan tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat bersemangat dalam belajar mengukir prestasi gemilang di kemudian hari.

“Alhamdulilah hari ini kita telah bisa menambah fasilitas kegiatan pembelajar kalian dengan kita buat yang dulunya masih lahan kosong, sekarang Alhamdulillah kita nikmati bersama, manfaatkan bersama lapangan ini. Semoga bisa betul-betul bisa bermanfaat untuk kita semua,” timpalnya. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here