Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Feb 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ajang Peningkatan Kualitas, SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Islamic Competition Inspiratif! 21 Siswa Terbaik SMA MUHI Yogyakarta Lulus sebagai Tahfidz Rayakan Milad, SMA Mutu Yogyakarta Gelar Turnamen Bulu Tangkis Antar SMP/MTs se-DIY SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Gelar Turnamen Sepak Bola Antar SMP/MTs Se-DIY Milad ke-76 Tahun, SMP Muhammadiyah 1 Sleman Gelar Jalan Sehat Diikuti Ribuan Peserta Tim Kemenko Marves Apresiasi Gerakan Sedekah Sampah SMP Muhdasa Latih Kesiapan Siswa Jelang ASPD, Muhdasa Gelar Tryout Akbar SD/MI Hebat! SMP Muhdasa Raih Beragam Prestasi di Olimpiade Ahmad Dahlan 2024 Resmikan Gedung SD Muhammadiyah Balerante, Sri Purnomo: Renovasi Wujud Peningkatan Kualitas Pendidikan SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Sukses Borong 15 Medali Olympicad DIY 2024 Selesai Rehab, SD Muhammadiyah Notoprajan Gelar Tasyakuran dan Serah Terima Kunci Santri MBS Al-Muttaqiin Gedangsari Siap Borong Medali OlympicAD 2024 DIY Siapkan Masa Depan Siswa, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Adakan Pembekalan Lewat Program Sekolah, Siswa SMA Muhi Yogya Berumrah ke Tanah Suci Pelajari Budaya dan Bahasa Arab, Muallimin Gelar Arabic Camp 2024 di Mesir Terbang ke Malaysia-Singapura, Mu'allimin Gelar International English Camp Luar Biasa, SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sumbang Wisudawan BTHQ Terbanyak 14 Siswa SMK Muhammadiyah Kretek Terima Beasiswa Mentari Lazismu UMY Sukses SMA Al Mujahidin Wonosari: Sederet Prestasi Hingga Studi Lanjut ke Luar Negeri Menyesuaikan Diri Kembali ke Sekolah Setelah Libur Panjang

Ajak Kepolisian, SMA Moega Menyapa Orang Tua dan Wali Siswa

Jajaran SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta bersama Polsek Wirobrajan dala Moega Menyapa. Foto: Humas SMA Moega.

YOGYA - SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta (Moega) kembali menggelar Moega Menyapa tahun pelajaran 2023-2024, hari Jumat (22/12).

Berlangsung di Masjid Subulussalam Kampus 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Moega Menyapa tahun pelajaran 2023-2024 dihadiri oleh Agus Mulyono selaku Komite sekolah, S.E, Sumaryanto sebagai Personel Bhabinkamtibmas Polsek Wirobrajan Kompol. Ahmat Djaeni, S.H, M.H yang merupakan Kapolsek Wirobrajan.

Moega Menyapa adalah program sekolah untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan wali siswa  sekaligus menyampaikan informasi program sekolah serta beberapa hal terkait dengan perkembangan peserta didik. 

Dari Polsek Wirobrajan pada acara ini berkenan memberikan materi kepada orang tua siswa terkait menghadapi liburan akhir semester ganjil dan bertempat dengan munculnya fenomena kenakalan pelajar, juga liburan sekolah pada tahun ini bertepatan dengan proses demokrasi Pemilu.

Dalam penyampaian materi, Kapolsek mengingatkan melakukan pembinaan dan memberikan pengarahan kepada  orang tua/wali siswa untuk selalu melakukan pendampingan dan pengawasan kepada anak-anaknya agar tidak terjebak pada perilaku yang tidak bermanfaat.

"Pembinaan terkait pencegahan gesekan antar pelajar, tertib lalu lintas, serta pemanfaatan waktu liburan untuk kegiatan yang positif dan sekaligus dapat untuk penguatan karakter siswa, hal ini kami titipkan kepada orangtua wali siswa," kata Kompol  Ahmat Djaeni.

Terkait dengan munculnya aksi gesekan antar pelajar, beliau mengingatkan kasus tersebut akan sangat mudah terjadi. Karena mungkin kurangnya pengawasan orangtua, juga kondisi lingkungan sosial yang mendukung terjadinya gesekan, serta pemanfaatan waktu luang yang tidak terpantau padat lahirnya ananda lebih banyak berkumpul dengan temannya diluar rumah. 

Oleh karena itu, Kapolsek mengajak orangtua siswa dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mengawasi kegiatan selama liburan kali ini.

"Perlunya kerja sama antara pihak sekolah, kepolisian, dan orang tua siswa ini sebagai bentuk tanggung jawab karena masih ditemukan pelajar yang melakukan pelanggaran tata tertib, serta banyak kegiatan diluar rumah yang kurang terpantau. Selain itu, peran orang tua sangat penting dalam melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya terutama di saat jam pulang sekolah," tuturnya.

Kompol. Ahmat juga menyampaikan terkait dengan aksi gesekan antar pelajar bahwa pihaknya tidak segan memberikan sanksi kepada siapapun oknum pelajar yang terlibat dalam aksi tersebut, apalagi kedapatan membawa senjata tajam hingga melakukan penganiayaan baik yang menyebabkan korbannya terluka maupun hingga meninggal dunia.

"Pengawasan tidak hanya dilakukan oleh pihak kepolisian dan sekolah saja, tetapi setiap orang tua pun harus ikut bertanggung jawab terhadap aktivitas anaknya baik saat masuk maupun pulang sekolah," katanya.

Meskipun pelajar di sekolahnya tidak pernah terlibat tawuran, dimana untuk wilayah Wirobrajan nol untuk aksi kejahatan jalanan. Tetapi tetap harus diperhatikan dan diwaspadai  pihak sekolah harus secara rutin melakukan pembinaan, baik pembelajaran etika dan keagamaan kepada pelajarnya.

Seperti pada kegiatan ini diharapkan pelajar bisa memahami materi yang disampaikan pihak kepolisian dan orang tua juga akan lebih ketat lagi dalam mengawasi anak-anaknya terutama pada jam pulang sekolah.

Di sisi lain, Agus Mulyono mengimbau kepada sekolah dan orang tua untuk selalu mendampingi anak-anak dengan penuh kasih sayang dan selalu kenalkan kepada mereka aturan-aturan agama, Agar semoga kelak mereka akan menjadi anak yang qurrota ayun atau menjadi permata hati.

Fitri Sari Sukmawati, M. Pd selaku Kepala SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta memaparkan beberapa kegiatan sekolah yang diprogramkan untuk pembentukan karakter siswa. Seperti Mubaligh Hijrah, pertukaran pelajar -untuk tahun 2023 ini salah satu siswa mengikuti kegiatan belajar di Singapura, social entrepreneurship, dan masih banyak lagi.

Kegiatan ini diakhir pada dengan pembagian hasil belajar siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2023-2024. (*)

Berita ini diterima Mediamu dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here