Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan

Tiga Siswa SMA MUHI Jogja Sabet Juara OSN 2022 DIY

YOGYAKARTA — Prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa sekolah Muhammadiyah. Tiga siswa dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (MUHI), berhasil menyabet gelar juara dalam ajang Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi (OSNP), yang sebelumnya dilaksanakan pada 22- 25 Agustus 2022, secara daring di laboratorium komputer SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Ketiga siswa tersebut, di antaranya: Shaldhan Bayu Yuska (XII MIPA 8) sebagai juara pada mata pelajaran Biologi, Pandu Permana (XII MIPA 7) sebagai juara pada mata pelajaran Fisika, dan Muhammad Iqbal Raihan (XI MIPA 4) sebagai juara pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut diumumkan saat upacara bendera, hari Senin (12/9).

Ahmad Afandi, S.Th.I. selaku Wakil Kepala Sekolah yang membidangi Kesiswaan, ketika dihubungi melalui WhatsApp, pada hari Jumat (16/9), mengungkapkan bahwa SMA MUHI sangat bangga terhadap prestasi yang diraih oleh siswanya.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekaligus merasa bangga. SMA MUHI mendapat tiga kejuaraan sekaligus,” kata Afandi.

Afandi juga menjelaskan terkait proses seleksi dan pembinaan yang dilakukan sekolah untuk mempersiapkan OSN, sejak awal tahun pelajaran. Siswa yang lolos seleksi, dibina secara intensif rutin setiap pekan sesuai jadwal hingga terdapat sejumlah peserta didik yang menonjol yang diprioritaskan untuk bertanding dalam OSN.

Atas prestasi yang diperoleh, ketiga siswa tersebut diberikan apresiasi dari SMA MUHI, berupa uang pembinaan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan diberikan beasiswa berupa keringanan pembayaran biaya pendidikan, jika dapat memenuhi poin-poin tertentu dalam kompetisi berikutnya.

SMA MUHI tentunya berharap siswa pemenang OSN dapat meraih kejuaraan di tingkat nasional dan dalam lomba lainnya. “Tak lupa juga mampu menginspirasi peserta didik lainnya untuk berprestasi pada ajang lomba akademik maupun non akademik sesuai dengan minat dan bakatnya,” harap Afandi.

Dengan hasil ini, ketiganya berhak untuk mengikuti kompetisi OSN tingkat nasional. Maka dari itu, Afandi menerangkan persiapan dari SMA MUHI, seperti meningkatkan intensitas pembinaan dengan menghadirkan tentor – tentor profesional, menguatkan mental spiritual melalui pendidikan dan pembiasaan ibadah rutin di pesantren As-Sakinah. Tak ketinggalan, komunikasi dengan orang tua siswa secara berkala untuk selalu mendapatkan dukungan dan doa restu. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here