Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan

Sarasehan Milad ke-74 SMA Muhi: Istiqomah Menjaga Silaturahmi Guru dan Tendik

YOGYA – Dalam rangka Milad ke-74 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi), panitia melaksanakan acara Sarasehan dan Temu Kangen Purna Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Grha As Sakinah SMA Muhi, hari Selasa (19 Shafar 1445 H bertepatan 5 September 2023. Acara ini dimulai pukul 12.30 WIB dihadiri sekitar 100 purna GTK dan 120 GTK aktif.

Marini Amalia Octavianti, M.Pd selaku Wakil Kepala Urusan Humas menyampaikan, kegiatan ini rutin diadakan setiap Milad SMA Muhi. Tujuannya untuk membangun komunikasi dan ajang silaturahmi antara sekolah dengan para senior yang dahulu pernah mengabdi di SMA Muhi. Narasumber pun turut dihadirkan dalam acara ini, Abdul Basith, ST., M.Si., Ph.D lulusan SMA Muhi tahun 1976 yang kini menjabat Dosen di Teknik Geodesi UGM sejak 1998 sekaligus seorang motivator.

Kepala SMA Muhi Drs. H. Herynugroho, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan beberapa program unggulan sekolah yang telah dijalankan saat ini. Salah satunya di bidang inovasi pembelajaran sekolah telah menyelenggarakan pembelajaran bahasa Inggris bersama Teachcast With Oxford yang membantu siswa untuk belajar komunikasi bahasa Inggris. Sejak tahun ajaran 2022/2023  SMA Muhi Yogyakarta telah bekerjasama dengan ACT Educations Solutions Limited (ACT) International untuk melaksanakan program kelas internasional Global Assessment Certificate (GAC).

Ia berharap program GAC ini dapat membekali peserta didik dengan kualifikasi masuk perguruan tinggi secara global. “Sekolah fokus untuk meningkatkan empat kompetensi yang harus dimiliki siswa di abad 21 yang disebut 4C, itu adalah Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), Creativity (kreativitas), Communication Skills (kemampuan berkomunikasi), dan Ability to Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerjasama). Alhamdulillah tahun 2023 ini SMA Muhi Yogya maju lomba Sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Tahun 2023 ini SMA Muhi telah memiliki 3 guru penggerak dan 15 calon guru penggerak yang merupakan terbanyak di Kota Yogyakarta,” jelasnya.

Hery juga menyampaikan bahwa lulusan yang diterima PTN tahun 2023 ini naik menjadi 195 lulusan. Selain itu Muhammad Iqbal Raihan, siswa kelas XII MIPA 4 SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta yang telah berhasil meraih medali perak OSN 2023 tingkat nasional untuk mata pelajaran Matematika. SMA Muhi juga ditunjuk PP Muhammadiyah untuk menyiapkan gedung kampus 2 sebagai kelas internasional.

Sementara itu, Abdul Basith dalam pemaparannya yang dimoderatori Drs. Suatmaji, berharap SMA Muhi Yogyakarta memiliki nilai lebih dibanding dengan lulusan SMA Muhammadiyah lainnya. Siswa SMA Muhi harus siap menjawab tantangan zaman sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat.

“Harapan saya sekolah berkomitmen membentuk generasi berakhlakul karimah, cerdas dan tanggap menghadapi perubahan zaman dengan memberikan pengalaman belajar berkonsep Islami dan modern sesuai perubahan zaman,” ajaknya.

Sebagai motivasi, ia mengutip QS Al-Hasyr ayat 18. Dari surat ini dapat dipetik hikmah agar guru senantiasa untuk belajar dari pengalaman masa lalu untuk perbaikan di masa depan. Allah telah menjanjikan bahwa setiap perbuatan yang dilakukan manusia akan diteliti dengan cermat.

Abdul Basith juga mendorong penguatan aqidah iman dan Islam peserta didik agar bisa membentengi diri dari ideologi yang bertentangan dengan Islam. Selain itu, karakter peserta didik harus dibentuk melalui pembiasaan di sekolah agar kuat dan kokoh. Perintah untuk membentuk generasi yang kuat dan kokoh karakternya itu ada dalam QS Ibrahim ayat 24-25.

Untuk membentuk hal tersebut guru harus menjadi pembelajar sejati. Pembelajar sejati merupakan penafsiran dari wahyu pertama, Iqra. Seorang pembelajar sejati mesti menginsyafi bahwa belajar tidak terbatas waktu, tempat, dan usia. Tepat sekali sabda Rasulullah SAW yang menerangkan, “Menuntut ilmu itu sedari buaian hingga datangnya kematian.” Di mana saja berada, dengan siapa pun berinteraksi, seorang pembelajar sejati bisa memetik hikmah dan mereguk wawasan. Berjalan ke penjuru negeri dan mengamati perilaku manusia merupakan inspirasi untuk berkarya bagi pembelajar sejati.

Sebelum acara ini ditutup ditampilkan berbagai video prestasi siswa dan program unggulan sekolah. Acara ditutup pukul 15.00 WIB dengan foto bersama dan penyerahan cinderamata dari Kepala SMA Muhi kepada narasumber Abdul Basith.

 

Berita ini diterima Mediamu.com dari Yusron Ardi Darmawan, M.Pd.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here