Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445

Pelepasan 109 Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Foto: Dok. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

YOGYA - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (SMA Muhi) kembali melaksanakan program unggulan berupa Mubaligh Hijrah pada tahun 2024. Muballigh Hijrah (MH) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diprogramkan oleh SMA Muhi Yogya.

Sebanyak 109 peserta didik tersebut telah melewati seleksi dan dinyatakan lulus tes internal Mubaligh Hijrah. Adapun materi seleksinya meliputi wawancara, membaca Al-Qur’an, wudhu, dan tayamum.

Ke-109 peserta didik tersebut ditempatkan pada 60 titik di Girimulyo Kulon Progo dan 49 titik  di PCM Tegalrejo, Kota Yogyakarta, atau masjid sekitar sekolah.

Mubaligh Hijrah ini terlaksana berkat kerjasama yang harmonis dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo dan telah diterjunkan pada Ahad, (9/3).

“Ada 60 peserta didik yang mengikuti mubaligh hijrah di Girimulyo Kulon Progo dan 49 peserta didik yang mengikuti mubaligh hijrah di sekitar sekolah. Sehari sebelum puasa hari pertama Ramadhan 1445 Hijriyah,” ungkap Kepala Sekolah SMA Muhi Yogya Drs. H. Herynugroho, M.Pd.

Para peserta Mubaligh Hijrah berkumpul di sekolah pada Ahad, (9/3/2024) pukul 06.30 WIB. Setelah melalui proses persiapan, pukul 08.00 WIB para peserta menuju Kulon Progo DIY dengan menggunakan armada bus.

Setelah melalui perjalanan selama 2 jam, rombongan sampai di Kantor PCM Girimulyo, Kulon Progo dengan disambut hangat oleh pimpinan PCM Girimulyo. Setelah ishoma, kegiatan seremonial penyambutan dimulai.

Herynugroho dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PCM Girimulyo yang telah berkenan menerima rombongan Mubaligh Hijrah SMA Muhi tahun 2024. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan unggulan SMA Muhi Yogya yang dilaksanakan pada setiap bulan Ramadhan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih siswa dalam melaksanakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar, melatih siswa untuk menjadi kader persyarikatan Muhammadiyah yang unggul dan menjalin ukhuwah Islamiyah dengan masyarakat sebagai salah satu bekal keterampilan di abad 21.

“Ada 6 kecakapan abad ke-21 yang disebut dengan istilah 6C, yakni character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi)," katanya. 

PCM Girimulyo menyambut baik kedatangan Mubaligh Hijrah dari SMA Muhi kali ini. "Semoga kegiatan MH 1445 H ini bisa berjalan lancar dan memberikan pengalaman yang berharga bagi peserta didik,” pungkas. H Sukijan selaku ketua PCM Girimulyo yang mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari SMA Muhi Yogya.

Sukiman juga berharap agar peserta MH segera menyesuaikan diri dan dapat lancar dalam menjalankan program kerjanya. Dalam proses bersosialisasi di masyarakat, harapannya kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan dorongan bagi generasi muda Muhammadiyah di Girimulyo, Kulon Progo untuk peduli terhadap pendidikan.

“Harapan kami rombongan SMA Muhi bisa memberikan motivasi kepada anak-anak di daerah ini untuk sadar akan pentingnya pendidikan dan dapat menempuh pendidikan yang tinggi,” pungkasnya. 

Selanjutnya peserta MH dan guru pembimbing kemudian menuju ke lokasi pemondokan sesuai penempatan yang telah ditentukan oleh panitia. Kegiatan MH ini akan berlangsung sampai 20 Maret 2024. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here