Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jul 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
SMK MODELS Luncurkan Water Station, Inovasi Pengendali Sampah Plastik di Sekolah Tim Tari SMP Muhdasa Yogya Semarakkan Puncak Milad NA ke-96 Siap Jadi Content Creator, Lulusan SMP/MTs se-DIY Ikuti Workshop SMK Muhammadiyah 1 Yogya Mendunia! SMA Muhammadiyah 2 Yogya Bertukar Siswa Virtual dengan SMA di Taiwan Rayakan Kelulusan dan Pelepasan Siswa, SMP Muhdasa Yogya Gelar Haflah Akhirussanah Alhamdulillah Berkah Iduladha, Siswa Mubaligh Hijrah SMA Muha Safari Qurban di Samigaluh Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih

Rayakan Kelulusan dan Pelepasan Siswa, SMP Muhdasa Yogya Gelar Haflah Akhirussanah

YOGYA - Hari Sabtu (15/6) menjadi menjadi momentum haru dan  takkan terlupakan bagi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 10 (Muhdasa) Yogyakarta. Sebab, seluruh siswa menjalani Akhirussanah, agenda yang sakral pada akhir setiap tahunnya, yang menjadi acara pelepasan siswa kelas IX SMP yang akan meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya yang lebih baik.

Momen kelulusan anak sekolah biasanya ditandai dengan acara perpisahan yang diselenggarakan oleh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Begitupun dengan SMP Muhdasa, momen wisuda ini disebut dengan haflah akhirussanah. Di dalamnya selalu diiringi acara bermuatan agama Islam, seperti tilawatil Quran dan penampilan tahfidz. Mengingat bahwa SMP Muhdasa merupakan lembaga pendidikan Islam yang berpondasi secara akademik maupun agama.

Seperti tahun sebelumnya, acara Akhirussanah SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta diselenggarakan di SMKN 6 Yogyakarta, lebih tepatnya di aula atau gedung serba guna dengan mengundang perwakilan dari orang tua/wali murid dan beberapa tamu penting. Dalam rangkaian acara yang disusun sedemikian apik, para siswa dan orang tua sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara demi acara secara khidmat, hingga pada acara pamungkas.

Di awali dengan persembahan tari dari Irma dan Jeremy kemudian dilanjutkan pembukaan acara oleh MC. Setelah pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Bapak Fasih S.Ag, terdapat sambutan sekaligus penyerahan kembali peserta didik kelas IX oleh Ibu Esti Priyantini, S.S.M.Pd.B.I selaku Kepala SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Berikutnya, terdapat sambutan serta penerimaan kembali peserta didik kelas IX oleh Bapak H. Handri Kusuma, S.AG.,M.SI selaku dari Ketua Komite. Kemudian, sambutan yang terakhir disampaikan oleh perwakilan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta, Bapak Agni Sutanta, S.IP.

Sebelum memasuki prosesi wisuda kelas IX secara keseluruhan, sekolah memberikan apresiasi berupa penghargaan bagi 10 siswa yang meraih nilai ASPD tertinggi, siswa yang berprestasi di bidang Tahfidz, dan siswa yang berprestasi dalam ajang perlombaan. Acara semakin meriah dengan adanya penampilan tari dan lagu dari siswa-siswi SMP Muhdasa yang bertalenta.

Tujuan dari kegiatan tersebut di antaranya mendorong anak untuk tampil percaya diri dan memotivasi anak untuk terus berprestasi di jenjang pendidikan selanjutnya. Terlebih, acara ini menjadi kenangan terakhir bagi kakak kelas IX yang selepas hari itu sudah menjadi alumni. Bagi pendidik, kegiatan tersebut juga memotivasi semangat untuk terus mencerdaskan tunas bangsa yang kelak akan menjadi generasi penerus bangsa ini. Semoga kenangan terakhir saat penampilan acara akhirussanah menjadi kenangan terindah bagi mereka. Barakallahu fiikum siswa kelas IX Tahun Pelajaran 2023/2024, tetaplah istiqomah, berprestasi dan rendah hati di manapun kalian berada.

Kontributor: Tim Media Muhdasa

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here