Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan

Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda

Foto: Dok. SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta

YOGYA - Sebanyak 159 siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhiyo) telah dinyatakan lulus 100 persen. Guna mensyukurinya, SMK Muhiyo menggelar wisuda tahun pelajaran 2023/2024, pada Rabu (15/5) di Balai Pamungkas Kota Yogyakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Majelis Dikdasmen-PNF PWM DIY Achmad Muhamad, S.Ag., M.Ag, Bendahara PDM Kota Yogyakarta Ananta Heri Pramono, S.E., M.M, perwakilan Dikmen Kota Yogyakarta Titien Nur Rachmawati, S.Pt., Komite Sekolah Sumardi Warsito, Kepala Sekolah Widi Astuti, S.Pd., M.Pd beserta jajaran guru, karyawan, serta orang tua wali murid wisudawan.

Widi Astuti menyampaikan selamat kepada siswa yang telah tunai menjalani proses pembelajaran selama tempo 3 tahun. Ia optimis lulusan SMK Muhiyo yang telah digembleng begitu rupa laksana di kawah candradimuka siap mewarnai kehidupan baik di dunia usaha dan industri.

“Alhamdulillah pada hari ini SMK Muhiyo telah meluluskan 159 siswa kelas 12 untuk siap terjun di dunia usaha, industri, melanjutkan perguruan tinggi, dan siap menjadi wirausahawan muda. Kita berharap anak-anak setelah menyelesaikan pembelajaran di sekolah ini bisa menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa memajukan kehidupan,” ujarnya.

Widi berpesan agar lulusan SMK Muhiyo ke depan makin sukses. Baginya, kesuksesan ini bermanifes dengan terpancarnya perangai adiluhung dari dalam diri siswa, sehingga mampu memberikan kemaslahatan bagi kehidupan.

“Kami juga berpesan, semoga anak-anakku semua sukses di masa mendatang, menjadi orang-orang yang memiliki akhlakul karimah, ibadah yang baik, dan tentu saja harus berbakti kepada orang tua,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Widi mengingatkan dunia industri sangat kompleks. Maka, beliau mewanti-wanti untuk terus meningkatkan keahlian dan profesionalitas. Baginya, ini tidak hanya ditingkatkan di sekolah, tapi harus berkelanjutan ke depannya.

“Dunia kerja itu sangat luar biasa persaingannya. Anak-anak harus menambah ilmu, wawasan, dan skil tidak cukup hanya di sekolah, tetapi harus mengembangkan diri sendiri untuk bersaing di era globalisasi ini,” katanya.

Beberapa siswa, kata Widi, sebelum pengumuman kelulusan sudah bekerja. Tetapi, di saat yang sama, terdapat tantangan dunia kerja sangat pelik.

Karena itu, Widi mendorong agar seluruh wisudawan dapat meningkatkan skil, keterampilan, dan keahlian di bidang masing-masing.

“Sebelum pengumuman kelulusan sudah bekerja, meski tidak banyak. Kita bersyukur, tapi jangan lupa tantangan ke depan jauh lebih berat di dunia industri. Saya meminta agar setelah kelulusan ini terus tingkatkan skil, keterampilan, dan miliki budaya kerja yang baik,” sebutnya.

Di sisi lain, Achmad Muhamad berharap agar lulusan SMK Muhiyo bisa menjaga nilai-nilai religiusitas beragama. Baginya ini sangat penting dan menjadi fundamental dalam kehidupan sehari-hari.

“Tetap jaga agama kalian karena itulah yang akan menjadi penentu kemuliaan kalian sebagai manusia, tidak hanya di dunia, tapi kelak ketika menghadap Allah SWT,” ucapnya.

Kemudian, Ananta Heri mendorong agar lulusan SMK Muhiyo meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Karena takwa menjadi pijakan utama mengantarkan kesuksesan kini dan di masa depan. “Teruslah anak-anakku tingkatkan nilai takwa. Jangan sampai tidak bertakwa, merugi. Karena takwa, kunci kalian sukses dunia dan akhirat,” timpalnya.

Pada kesempatan ini, diumumkan juga beberapa wisudawan terbaik, antara lain: Amelia dari jurusan RPL, Siti Nur Haliza jurusan TKJ, Alfian Egy jurusan Animsi, Shevarina jurusan DKV, Cindy jurusan Akuntasi, dan Luphiana jurusan Broadcasting. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here