Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jul 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
SMK MODELS Luncurkan Water Station, Inovasi Pengendali Sampah Plastik di Sekolah Tim Tari SMP Muhdasa Yogya Semarakkan Puncak Milad NA ke-96 Siap Jadi Content Creator, Lulusan SMP/MTs se-DIY Ikuti Workshop SMK Muhammadiyah 1 Yogya Mendunia! SMA Muhammadiyah 2 Yogya Bertukar Siswa Virtual dengan SMA di Taiwan Rayakan Kelulusan dan Pelepasan Siswa, SMP Muhdasa Yogya Gelar Haflah Akhirussanah Alhamdulillah Berkah Iduladha, Siswa Mubaligh Hijrah SMA Muha Safari Qurban di Samigaluh Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih

Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General

YOGYA - Selasa, 11 Juni 2024, SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta mengadakan Stadium General sebagai salah satu bentuk peningkatan motivasi bagi guru dan tendik. Narasumber acara kali ini adalah Prof. H. Suyanto, Ph.D. Beliau pernah menjabat sebagai Rektor UNY (1999-2006) dan menjadi Wakil Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah. Stadium General dibuka oleh Ibu Esti Priyantini, S.S, M.Pd.B.I selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, sekaligus beliau memberikan sambutannya.

 Dalam materinya Suyanto memaparkan bahwa sekolah harus bisa mengidentifikasi bakat anak-anak, dibantu komunikasi dengan orang tua. Mencontoh kisah dari Putri Ariani yang sudah berbakat tetapi masih mempelajari keahlian yang lain, seperti bermain suling. Tujuannya untuk menyempurnakan kemampuannya atau bakatnya dalam bermusik.

 Kemudian tak kalah pentingnya adalah adanya peran orang tua. Peran orang tua di sini adalah tentang bagaimana mereka mendidik anak agar bisa jadi mandiri dan terbiasa untuk survive, karena dengan begitu anak bisa mengandalkan diri sendiri. Dalam mendidik anak, harusnya orang tua bisa membentuknya untuk menjadi petarung.

 Suyanto juga mengingatkan tentang peran sekolah. Menurutnya, sekolah harus bisa jadi yang terbaik. Untuk menjadi yang terbaik, lanjut Suyanto, sekolah harus tahu apa tujuan mereka, pengalaman yang harus diberikan kepada siswa, bagaimana sekolah membantu siswa mengorganisasikan pengalamannya, dan bagaimana langkah selanjutnya melalui evaluasi.

 Di akhir Suyanto. memberikan kesimpulan bahwa branding bagi institusi (sekolah) itu penting. Prof mengakui bahwa Muhammadiyah bagus dalam mem-branding. Selain itu, sekolah yang bagus adalah sekolah yang berprogres (ada peningkatan) ditunjukkan dengan mengembangkan talenta anak.

Bapak ibu guru mengikuti kegiatan ini dengan fokus dan antusias, terbukti dari sesi tanya jawab. Terdapat bebrapa pertanyaan yang diajukan, baik terntang fenomena pendidikan di masa kini maupun cara menghadapinya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here