Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jun 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Alhamdulillah Berkah Iduladha, Siswa Mubaligh Hijrah SMA Muha Safari Qurban di Samigaluh Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship

Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar

YOGYA -  Sebagai salah satu sekolah penggerak di Kota Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 10 (Muhdasa) Yogyakarta aktif dalam meningkatkan kemampuan atau kompetensi guru dalam mengimplementasikan dan mengembangkan Kurikulum Merdeka. Hal tersebut bertujuan supaya nantinya para Guru dapat saling berbagi informasi, pengetahuan, pengalaman dan praktik baik terkait bagaimana pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah.

Sebagai langkah kongkrit mencapai tujuan tersebut, pada hari Senin, 3 Juni 2024 SMP Muhdasa menggelar webinar bertajuk Berbagi Praktik Baik Penyusunan Modul Ajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Acara ini merupakan praktik baik penyusunan modul ajar yang telah dilaksanakan oleh Bapak Ibu Guru SMP Muhammdiyah 10 Yogyakarta sehingga perlu untuk dibagikan, dengan harapan dapat menjadi motivasi bagi Bapak Ibu Guru di sekolah lain.

Webinar dibuka oleh moderator, Kurnia Dewi, S.Pd., untuk selanjutnya terdapat pengantar dari pengawas SMP Kota Yogyakarta, Bapak Rudi Darmawan, M.Pd. Acara inti dalam webinar kali ini diisi oleh Ibu Winda Noor Santi, S.Si, M.Pd. yang memaparkan dua materi, yakni terkait modul ajar dan praktik baik yang telah dilaksanakan oleh Bapak Ibu Guru SMP Muhdasa. Winda sendiri adalah Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum sekaligus Guru IPA yang telah banyak prestasi, salah satunya menjadi juara 2 Inobel Olimpicad PWM DIY 2024.

 Acara berjalan lancar dengan diikuti oleh semua guru SMP Muhdasa, guru-guru dari Daerah Istimewa Yogyakarta, bahkan ada beberapa guru dari luar Jawa. Meskipun terdapat keterbatasan jumlah peserta dalam room, tetapi peserta lain yang hendak ikut masih bisa memantau melalui Kanal Youtube Muhdasa yang di-share di kolom obrolan Zoom. Peserta webinar cukup antusias, terbukti dari sesi tanya jawab. Terdapat bebrapa pertanyaan yang diajukan baik terntang modul ajar maupun praktik baik yang dilakukan Bapak Ibu Guru SMP Muhdasa. Sayangnya, karena keterbatasan waktu, ada pertanyaan yag belum terjawab. Namun, Winda selaku narasumber dengan senang hati menerima peserta yang ingin bertanya atau konsultasi atau berdiskusi di luar Zoom, bisa melalui Whatsapp atau datang langsung ke SMP Muhdasa.

 Dari webinar yang telah dilaksanakan hingga pukul 15.00 WIB, dapat dipahami bahwasanya dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka ini, banyak dari peserta masih berusaha untuk memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka melalui usaha mengikuti berbagai webinar dan diskusi-diskusi seperti ini. Untuk itu SMP Muhdasa mengajak semua pihak untuk memajukan dunia pendidikan dimulai dengan kemauan dalam diri untuk bergerak berubah dan maju.

 “Selanjutnya, harapan kami semoga kedepannya SMP Muhdasa dapat lebih produktif dalam melakukan kegiatan-kegiatan terkait webinar/seminar yang dilakukan di PMM,” tulis salah satu tim SMP Muhdasa dalam keterangan tertulisnya.

 

 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here