Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan

SMP Musade Peringati Tahun Baru Islam dengan Muharram Fest

SLEMAN – SMP Muhammadiyah 1 Depok, Sleman (Musade), mengadakan acara tahunan Muharram Fest dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1445 H. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jum’at (3 Muharram 1445 H bertepatan 21 Juli 2023).

Muharram Fest menghadirkan beberapa lomba islami yang diikuti seluruh siswa Musade, berjumlah 350 siswa dari semua kelas 7, 8, dan 9.  Lomba tersebut adalah menyanyikan lagu Islam, cerdas cermat agama, poster Islam, kaligrafi, Tartil Qur’an, hafalan, pidato, fashion show busana muslim, dan tertib gerakan sholat (mulai dari adzan, sholat, sampai doa).

Kepala Sekolah, Abidin Fuadi Nugroho, M.S.I., menjelaskan bahwa selain memperingati Tahun Baru Islam, kegiatan ini juga untuk mengenalkan ke siswa bahwa Islam punya tahun sendiri, yaitu tahun Hijriyah.

Siswa juga diperkenalkan kegiatan yang Islami. Tampak semua siswa sangat antusias mengikuti Muharram Fest ini.

“Kami senang melihat anak-anak bisa semangat dan antusiasnya sangat tinggi. Ini bisa jadi refreshing setelah belajar sepanjang pekan ini dan menumbuhkan kebersamaan antar siswa serta sportivitas melalui lomba-lomba di Muharram Fest,” tutur Abidin.

Selain perlombaan, dalam Muharram Fest juga dilaksanakan launching program “Jum’at Manfaat” Musade. Sesuai namanya, program ini untuk memanfaatkan keutamaan Jum’at dengan mencari pahala melalui bersedekah dan kegiatan positif lainnya.

Terdapat dua kegiatan, pertama Sekar Botani (Sedekah Kertas dan Botol Bekas Migunani). Di sini seluruh siswa diminta membawa botol dan kertas bekas dari rumah ke sekolah untuk dikumpulkan dan dijual, lalu hasilnya akan disedekahkan bagi siswa tidak mampu di Musade.

Kedua, Mas Mugi (Makan Siang dari Musade Berbagi), yaitu kegiatan berbagi makan siang gratis untuk siswa di kelas masing-masing. Untuk menu makanan dan pembagiannya diserahkan ke wali kelas.

“Program Jum’at Manfaat ini agar anak-anak terbiasa melakukan sedekah sampai dewasa dalam bentuk apapun. Mengingat pesan dari Rasulullah SAW khoirunnas anfauhum linnas,” terang Abidin.

Sekolah mengharapkan siswa bisa mengenal tentang tahun baru Hijriyah, serta memaknai hijrah sebagai perubahan ke arah positif dan tumbuh spirit perubahan sikap. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here