Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Feb 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ajang Peningkatan Kualitas, SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Islamic Competition Inspiratif! 21 Siswa Terbaik SMA MUHI Yogyakarta Lulus sebagai Tahfidz Rayakan Milad, SMA Mutu Yogyakarta Gelar Turnamen Bulu Tangkis Antar SMP/MTs se-DIY SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Gelar Turnamen Sepak Bola Antar SMP/MTs Se-DIY Milad ke-76 Tahun, SMP Muhammadiyah 1 Sleman Gelar Jalan Sehat Diikuti Ribuan Peserta Tim Kemenko Marves Apresiasi Gerakan Sedekah Sampah SMP Muhdasa Latih Kesiapan Siswa Jelang ASPD, Muhdasa Gelar Tryout Akbar SD/MI Hebat! SMP Muhdasa Raih Beragam Prestasi di Olimpiade Ahmad Dahlan 2024 Resmikan Gedung SD Muhammadiyah Balerante, Sri Purnomo: Renovasi Wujud Peningkatan Kualitas Pendidikan SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Sukses Borong 15 Medali Olympicad DIY 2024 Selesai Rehab, SD Muhammadiyah Notoprajan Gelar Tasyakuran dan Serah Terima Kunci Santri MBS Al-Muttaqiin Gedangsari Siap Borong Medali OlympicAD 2024 DIY Siapkan Masa Depan Siswa, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Adakan Pembekalan Lewat Program Sekolah, Siswa SMA Muhi Yogya Berumrah ke Tanah Suci Pelajari Budaya dan Bahasa Arab, Muallimin Gelar Arabic Camp 2024 di Mesir Terbang ke Malaysia-Singapura, Mu'allimin Gelar International English Camp Luar Biasa, SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sumbang Wisudawan BTHQ Terbanyak 14 Siswa SMK Muhammadiyah Kretek Terima Beasiswa Mentari Lazismu UMY Sukses SMA Al Mujahidin Wonosari: Sederet Prestasi Hingga Studi Lanjut ke Luar Negeri Menyesuaikan Diri Kembali ke Sekolah Setelah Libur Panjang

SMK Muhammadiyah 1 Moyudan: Implementasi jargon Inovasi, Mandiri, Berprestasi

Oleh: Muchrom Wikandono

MEDIAMU.COM - SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, yang berlokasi di sisi Barat Sleman, merupakan sebuah Sekolah Menengah Kejuruan yang berdiri sejak tahun 1965. Sejak awal, sekolah ini telah menjadi wadah bagi pembentukan generasi Indonesia.

Ribuan alumni dari sekolah ini telah memberikan kontribusi dalam dinamika kehidupan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. Jangkauan alumni SMK Muhammadiyah 1 Moyudan tidak terbatas hanya di Yogyakarta, namun juga meluas ke Jawa, Sumatera, hingga Indonesia bagian timur.

Pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan senantiasa berupaya berinovasi untuk menjawab tantangan zaman. Inovasi tidak hanya terfokus pada metode pembelajaran, melainkan juga pada fasilitas, sarana prasarana, serta program-program kemandirian siswa. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan dan mengoptimalkan bakat serta minat siswa sehingga dapat mencapai prestasi tertinggi.

Sejak tahun 2020, SMK Muhammadiyah 1 Moyudan telah menjadi penerima program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) dari pemerintah, khususnya di bidang hospitality. Program ini memberikan dampak luas pada semua kompetensi keahlian di sekolah ini, seperti TKR, TKJ, TSM, Kuliner, dan Perhotelan.

Siswa dan guru merasakan manfaat dari program SMK PK ini, baik dalam fasilitas praktik yang memadai, peningkatan kemandirian, peningkatan kompetensi, maupun melalui program guru tamu yang secara berkala membantu meningkatkan pengetahuan dan pengalaman siswa dalam memahami dunia kerja. Ini menjadikan alumni SMK Muhammadiyah 1 Moyudan memiliki keunggulan yang signifikan dibandingkan dengan yang lainnya.

Upaya untuk meningkatkan kemandirian siswa tidak hanya terbatas pada lingkup akademis, tetapi juga diwujudkan melalui program bimbingan karir yang mencakup bimbingan kerja, wirausaha, TNI/Polri, dan studi lanjut/kuliah. Siswa dapat dengan mudah mengakses program ini melalui pendaftaran gratis melalui guru Bimbingan Konseling. Program ini telah membantu banyak alumni dalam memasuki dunia kerja atau perguruan tinggi setelah lulus. Salah satu bukti keberhasilan dari program bimbingan wirausaha adalah prestasi Erik, Hildan, dan Tito, siswa XI TKR, yang berhasil memperoleh hibah sebesar 10 juta rupiah melalui program inkubasi calon saudagar muda Muhammadiyah.

Selain program bimbingan karir, SMK Muhammadiyah 1 Moyudan juga fokus pada pengembangan minat dan bakat siswa serta kaderisasi di dalam organisasi ekstrakurikuler.

Berbagai organisasi siswa seperti Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM), Kepanduan Hizbul Wathan, Tapak Suci sebagai perguruan pencak silat Muhammadiyah, Jurnalistik, Palang Merah Remaja, Gulat, Futsal, Jemparingan, dan Karawitan telah berhasil meraih berbagai prestasi. Di antaranya berhasil meraih Juara 2 Lomba Karya Ilmiah tingkat provinsi tahun 2022, serta Juara Umum 1 tingkat SMA/SMK/MA Kejurkab Pelajar IPSI Kabupaten Sleman tahun 2022.

Prestasi tidak hanya dicapai oleh siswa, namun juga oleh para guru SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Beberapa prestasi terbaru yang diraih antara lain juara 2 GTK Inovatif Kepala SMK Tingkat Provinsi DIY Tahun 2023 oleh Bapak Fardian Imam Muttaqin, S.Pd., dengan inovasi "Sagu Sate" yang merupakan singkatan dari Satu Guru Satu Website. Bapak Nicko Fian Vebri, S.Pd. berhasil menjadi Finalis Lomba Aplikasi Mobile Pendidikan Gebyar Anugerah Kihajar DIY Tahun 2023 dengan aplikasi pembelajaran Seni Rupa. Selain itu, Bapak Fajar Prabowo, M.Pd. mendapatkan Nominasi 3 guru berprestasi Anugerah Pendidikan Berkemajuan Majelis Dikdasmen PWM DIY Tahun 2022. Tak ketinggalan, Bapak Fuad Kurniawan, M.Pd. juga telah menjadi pelatih Kontingen POPDA sejak tahun 2022 hingga sekarang.

Info Terkait bisa menghubungi No. WA: 088216087513

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here