Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan

Semarak Pesantren Ramadhan 1439 H SMA Muga

YOGYAKARTA — SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta kembali menyelenggarakan pesantren Ramadhan di sekolah.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini senantiasa memberikan warna yang berbeda dalam kegiatannya. Agenda Pesantren Ramadhan di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta ini bertujuan untuk melatih kebiasaan siswa beribadah, berakhlaqul karimah dan beraakidah Islam yang benar.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaan kegiatannya mengadopsi kegiatan ala Pondok Pesantren dengan pola pendidikan 24 jam.

Kegiatan pesantren Ramadhan 1439 H di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dibagi menjadi 2 gelombang yaitu Gelombang I untuk putri yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 Juni 2018 dan Gelombang II untuk putra yang dilaksanakan pada tanggal 5-6 Juni 2018.

Acara Pesantren Ramadhan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta ini dibuka oleh Drs. H. Herrynugroho, M.Pd selaku Kepala SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Beliau menjelaskan bahwa Pesantren Ramadhan Sekolah ini bersifat wajib diikuti oleh seluruh siswa yang duduk di bangku Kelas X atau siswa pindahan yang baru masuk di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sekolah berharap dengan pelaksanaan pesantren ini dapat mendidik siswa menjadi pribadi yang sholeh dan sholekhah.

Selain itu, siswa dapat menerapkan segala ilmu yang didapat di Pesantren Ramadhan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah acara pembukaan kemudian para peserta Pesantren Ramadhan menuju ke kelasnya masing-masing untuk menerima materi keagamaan. Materi yang disajikan lebih menitikberatkan pada pendalaman ibadah dan kemuhammadiyahan.

Para peserta pesantren Ramadhan juga mendapatkan materi wawasan keilmuan lain dari narasumber ahli diantaranya Bp. Velandani Prakosa, S.I.P yang menyuguhkan materi “Etika penggunaan media sosial“ dan Ibu Lailatis Syarifah, Lc., M.A. dari PP Aisyiyah dengan materi fiqih Ibadah Muhammadiyah.

Untuk menguatkan ideologi Kemuhammadiyahan, acara Pesantren Ramadhan ini juga menghadirkan Bp. Arif Jamali, M.Pd dari PWM DIY dengan menyuguhkan materi “Ideologi Muhammadiyah”.

Semoga dengan kegiatan ini dapat menjadikan generasi penerus bangsa yang beraqidah kuat, berakhlaqul karimah dan memiliki ideology Muhammadiyah yang kuat. (SMT)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here