Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jun 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah 

Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Gelar Seminar Internasional

YOGYA – Perpustakaan SMA Muhammsdiyah 1 Yogyakarta bekerjasama dengan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema “Pengaruh Artificial Intelelligence dalam Dunia Pendidikan”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 7 September 2023 pukul 08.00-11.30 WIB di Grha As-Sakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta diawali dengan praacara menampilkan penyanyi dan musik Reza Mahdi (Mahasiswa Pascasarjana S2 UGM).

Sebagai keynote speaker adalah Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DIY, Monika Nur Lastiyani, M.M., yang mewakili Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X. Sedangkan narasumber dalam acara kali ini adalah Dr. Mayasari Binti Abdul Majid (Chair of School Resource Centres Committee, Librarians Association of Malaysia, Perpustakaan Negara Malaysia), GKBRAy Adipati Paku Alam X (Bunda Literasi DIY) dan Drs. Ida Priyanto, BA., M.A., PhD. (Dosen Pascasarjana UGM)

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Drs. H. Herynugroho, M.Pd, di depan 250 orang peserta seminar internasional, mengatakan, dalam membantu berlangsungnya pengembangan literasi dan pengelolaan database perpustakaan, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Yogyakarta menerima bentuk partisipasi dari sekolah atau lembaga lain. “Untuk bekerjasama dalam membangun perpustakaan yang lebih baik lagi, termasuk dengan menggunakan teknologi Artificial Intelelligence,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Monika Nur Lastiyani, M.M., mendorong perpustakaan sekolah untuk terus mengembangkan berbagai teknologi untuk mendukung program literasi.

“Melalui seminar ini diharapkan muncul gagasan membangun perpustakaan yang mampu berfungsi secara optimal bagi masyarakat dengan sistem manajeman perpustakaan yang baik dan menekankan pada tersedianya berbagai bahan bacaan yang bersifat informatif, edukatif, rekreatif dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat,” ujar Monika Nur Lastiyani, M.M.

Dr. Mayasari Binti Abdul Majid dari Librarians Association of Malaysia, menjelaskan, Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu meniru kemampuan intelektual manusia.

Katanya, Artificial Intelligence (AI) bisa berwujud sebuah mesin multiguna seperti komputer, smartphone, aplikasi, perangkat lunak dan lain sebagainya, yang berbeda dengan kecerdasan alami yang ditampilkan manusia.

Artificial Intelligence (AI), kata Mayasari, dapat digunakan untuk memprediksi hasil berbagai tugas, menemukan pola dalam data, mengidentifikasi kesalahan, dan membuat keputusan yang akurat.

Menurutnya, penerapan Artificial Intelelligence (AI) atau kecerdasan buatan bukan untuk menggantikan pustakawan secara keseluruhan. “Memang, dalam kenyataannya ada beberapa kegiatan kepustakawanan yang sudah digantikan oleh teknologi informasi,” terangnya.

Bahkan, kadang menjadi yang mendominasi pekerjaan di perpustakaan. “Penggunaan artificial intellligence berfungsi untuk membantu pustakawan dalam melakukan aktifitas kepustakawan,” kata Mayasari.

Terkadang, pustakawan menghadapi pekerjaan yang cukup banyak dalam durasi waktu terbatas. “Sehingga artificial intellligence bisa menjadi alat bantu dan sangat membantu serta memudahkan program perpustakaan untuk meningkatkan literasi peserta didik dan warga sekolah secara umum,” papar Mayasari.

Drs. Ida Priyanto, BA., M.A., Ph.D., Dosen Pascasarjana UGM, menjelaskan penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam proses digitalisasi perpustakaan. “Telah membawa perubahan revolusioner dalam berbagai aspek,” tandasnya.

Teknologi pengenalan teks optik (OCR) yang didukung Artificial Intelligence (AI), terangnya, memungkinkan pemindaian dan pengenalan otomatis tulisan tangan dan cetak pada dokumen-dokumen kuno yang sulit dibaca secara manual.

Selain itu, Artificial Intelligence (AI) juga memainkan peran penting dalam pengindeksan dan klasifikasi koleksi perpustakaan. Manfaat utama Artificial Intelligence (AI) dalam digitalisasi perpustakaan adalah kemampuannya untuk menyediakan rekomendasi yang relevan kepada pengguna.

Dengan mempelajari preferensi dan kebutuhan pengguna, AI dapat menghasilkan rekomendasi buku, artikel atau dokumen yang sesuai dengan minat mereka.

Hal ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga mempromosikan penemuan konten baru yang mungkin sebelumnya tidak terlihat. “Kondisi ini sangat mendukung program literasi yang saat ini sedang digalakkan,” pungkasnya. (*)

 

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here