Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jun 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah 

SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan

LANGSA - 90 Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 2 Kota Langsa melaksanakan field trip ke Aceh Hidroponik Kabupaten Aceh Tamiang menggunakan 2 truk Reo milik TNI dari Batalyon 111 pada Sabtu (9/6).

Kegiatan belajar yang dilaksanakan diluar kelas, mendapat tanggapan positif dari orang tua wali serta siswa, mereka tampak begitu antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan. 

“ini juga merupakan salah satu program unggulan sekolah yang dilaksanakan setiap tahun nya. kegiatan field trip dilaksanakan agar anak- anak tahu bagai mana cara menanam sayuran menggunakan media selain tanah, anak juga diajak berkeliling kebun anggur," Ungkap Wali kelas 3C Sri Handayani S.Pd.

Sri Handayani kemudian menjelaskan, bahwa dengan dilaksanakan kegiatan field trip ini anak bisa menambah wawasan tentang bagaimana cara menanam sayuran dengan media selain tanah seperti dengan air dan kapas.

"Setelah memahami ilmunya, nanti akan kita praktekkan dengan membuatnya  disekolah," jelasnya.

Wakil Kepala Sekolah Muhammadiyah 2 Kota Langsa Ust. Anwar, S.Pd.I juga menanggapi kegiatan tersebut dengan menyampaikan bahwa anak harus dididik tidak hanya teori-teori saja tapi juga mereka harus praktek langsung mengenai ilmu pertanian ini.

"Karena kedepan kita akan kesulitan mencari lahan pertanian terlebih jika kita tinggal di kota, sehingga inovasi dalam bidang pertanian harus diajarkan kepada anak. 
field trip juga mengajak siswa untuk berpikir kreatif, memiliki pengalaman baru serta dapat melihat dan mengetahui permasalahan secara langsung, melalui kunjungan di luar sekolah. Penting bagi anak mengikuti kegiatan field trip karena memiliki manfaat bagi pengalaman belajarnya. Sementara pihak guru harus menerapkan teori 6 M saat pembelajaran, yaitu mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta," jelasnya.

"Saya berterimakasih sekali kepada wali kelas dan asisten wali kelas 3 serta dewan guru yang telah menyukseskan kegiatan tersebut. Semoga kegiatan yang kreatif seperti ini bisa menjadi contoh untuk kelas yang lain" tutup Anwar, S.Pd.I.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here