Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jul 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
SMK MODELS Luncurkan Water Station, Inovasi Pengendali Sampah Plastik di Sekolah Tim Tari SMP Muhdasa Yogya Semarakkan Puncak Milad NA ke-96 Siap Jadi Content Creator, Lulusan SMP/MTs se-DIY Ikuti Workshop SMK Muhammadiyah 1 Yogya Mendunia! SMA Muhammadiyah 2 Yogya Bertukar Siswa Virtual dengan SMA di Taiwan Rayakan Kelulusan dan Pelepasan Siswa, SMP Muhdasa Yogya Gelar Haflah Akhirussanah Alhamdulillah Berkah Iduladha, Siswa Mubaligh Hijrah SMA Muha Safari Qurban di Samigaluh Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih

Resmi Dilepas, Lulusan SMP Muhammadiyah 1 Tempel Siap Songsong Masa Depan

Pelepasan siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Tempel. Foto: Dok. SMP Muhammadiyah 1 Tempel

SLEMAN - Rabu (12/6) menjadi hari yang bersejarah dan berkesan bagi 72 siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Tempel. Setelah berjuang selama 3 tahun dengan penuh semangat dan bersungguh-sunguh dalam menuntut ilmu, tibalah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu acara Pelepasan. Acara ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh SMP Muhammadiyah 1 Tempel untuk menandai berakhirnya masa belajar siswa kelas IX.

Acara tersebut diselenggarakan di Halaman Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Tempel mulai 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Turut hadir Sekretaris Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Kabupaten Sleman, Tyas Endarto Budi Prayitno, S.Ag., Ketua Komite Sekolah H. Supardi, M.Pd., Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tempel, H.Samsul Alam, S.Ag, M.Si, Lurah Sumberrejo H. Andjar Purwanto, S.E., Bhabinkamtibmas Sumberrejo, Muhyudi, Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Sumberrejo, Dukuh Gendol Sumberrejo, Supriyatna.

Pelepasan juga dihadiri oleh Kepala Sekolah SD yang bermitra dengan SMP Muhammadiyah 1 Tempel, orang tua/wali murid kelas IX, dewan guru, serta staff tata usaha.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Tempel, Wahdan Arifudin, S.Pd. menyampaikan tema wisuda kali ini. “Mewujudkan Alumni yang Berakhlakul karimah, berprestasi, dan mencetak generasi tangguh. Tema ini diambil dengan harapan siswa memiliki jiwa Tangguh yang didasari dengan akhlak yang baik untuk melanjutkan perjalanan kehidupan berikutnya," jelasnya.

Acara pelepasan diawali dengan kalam Ilahi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Sang Surya dan penampilan tapak suci perwakilan siswa kelas VII dan VIII, selanjutnya sambutan Kepala Sekolah, dan dilanjutkan prosesi wisuda siswa kelas IX dengan diiringi gending Jawa. Kemudian penampilan Lagu “Yang Terbaik Bagimu”, seni tari, musikalisasi puisi dan penyampian sepatah kata dari perwakilan orang tua/wali kelas IX, perwakilan siswa kelas VII, VIII, dan IX.

Sebelum memasuki prosesi wisuda, disampaikan sambutan dari kepala sekolah Wahdan Arifudin, S.Pd. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada seluruh siswa kelas IX, kalau kelulusan adalah langkah awal dari suatu perjalanan untuk melanjutkan jenjang Pendidikan yang lebih tinggi. "Untuk menuju masa depan yang cerah sesuai dengan yang dicita-citakan,” katanya dilanjutkan penyerahan kembali siswa dan siswi kelas IX kepada Orang Tua/Wali siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang selanjutnya.

Puncak acara, dilaksanakan pengalungan Samir dan dokumen kelulusan oleh Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Tempel, sebagai tanda selesainya masa belajar selama 3 tahun ini di SMP Muhammadiyah 1 Tempel. Tidak lupa juga ada pemberian penghargaan kepada alumni yang berprestasi, baik itu pencapaian akademik maupun nonakademik.

Sekertaris Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Kabupaten Sleman, Tyas Endarto Budi Prayitno, S.Ag dalam sambutan dan motivasi menyampaikanbeberapa hal penting.  Pertama, selamat dan apresiasi kepada segenap keluarga besar SMP Muhammadiyah 1 Tempel atas kegiatan wisuda dan pelepasan ini. Kedua, Majelis mengucapkan terimakasih kepada orang tua/wali yang sudah mempercayakan kepada sekolah Muhammadiyah, semoga bisa dirasakan manfaatnya dan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. 

Ketiga, kepada anak-anak sejumlah 72 siswa dengan pakaian adat Jawa ini dan disampaikan selamat atas wisuda dan pelepasan ini mudah-mudahan bisa lebih didalami dan diresapi bahwa yang disampaikan bapak ibu guru benar adanya dan terus meningkatkan diri serta menjadi kader Muhammadiyah, bawalah nama baik SMP Muhammadiyah 1 Tempel dimanapun berada. 

"Pesan terakhir anak-anak tetap mendoakan bapak ibu guru agar terus istikomah dalam mendidik adik-adik kelas,” harapnya.

Acara pelepasan diakhiri dengan pentas seni siswa dan persembahan terakhir dari kelas IX untuk penampilan bapak/ibu guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 1 Tempel. Hal ini merupkan momen hiburan bagi para siswa, hadirin dan bapak/ibu guru dan staff karyawan SMP Muhammadiyah 1 Tempel.

Pentas seni siswa juga menjadi kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan bakat dan kemampuan yang telah mereka kembangkan selama di SMP Muhammadiyah 1 Tempel. Dengan acara pelepasan ini, diharapkan para siswa dan siswi kelas IX merasa dibanggakan dan dihargai serta siap melanjutkan perjalanan mereka dalam meraih kesuksesan di masa depan. (*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here