Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Feb 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ajang Peningkatan Kualitas, SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Islamic Competition Inspiratif! 21 Siswa Terbaik SMA MUHI Yogyakarta Lulus sebagai Tahfidz Rayakan Milad, SMA Mutu Yogyakarta Gelar Turnamen Bulu Tangkis Antar SMP/MTs se-DIY SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Gelar Turnamen Sepak Bola Antar SMP/MTs Se-DIY Milad ke-76 Tahun, SMP Muhammadiyah 1 Sleman Gelar Jalan Sehat Diikuti Ribuan Peserta Tim Kemenko Marves Apresiasi Gerakan Sedekah Sampah SMP Muhdasa Latih Kesiapan Siswa Jelang ASPD, Muhdasa Gelar Tryout Akbar SD/MI Hebat! SMP Muhdasa Raih Beragam Prestasi di Olimpiade Ahmad Dahlan 2024 Resmikan Gedung SD Muhammadiyah Balerante, Sri Purnomo: Renovasi Wujud Peningkatan Kualitas Pendidikan SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Sukses Borong 15 Medali Olympicad DIY 2024 Selesai Rehab, SD Muhammadiyah Notoprajan Gelar Tasyakuran dan Serah Terima Kunci Santri MBS Al-Muttaqiin Gedangsari Siap Borong Medali OlympicAD 2024 DIY Siapkan Masa Depan Siswa, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Adakan Pembekalan Lewat Program Sekolah, Siswa SMA Muhi Yogya Berumrah ke Tanah Suci Pelajari Budaya dan Bahasa Arab, Muallimin Gelar Arabic Camp 2024 di Mesir Terbang ke Malaysia-Singapura, Mu'allimin Gelar International English Camp Luar Biasa, SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sumbang Wisudawan BTHQ Terbanyak 14 Siswa SMK Muhammadiyah Kretek Terima Beasiswa Mentari Lazismu UMY Sukses SMA Al Mujahidin Wonosari: Sederet Prestasi Hingga Studi Lanjut ke Luar Negeri Menyesuaikan Diri Kembali ke Sekolah Setelah Libur Panjang

Milad 105 SD Muhammadiyah Karangkajen: Merekat, Menguat, Melesat, Mukarta Hebat

YOGYA - Hari Senin (29 Rabiul Akhir 1445 H bertepatan 13 November 2023) merupakan saat yang spesial bagi SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta (Mukarta). 

Tersebut tepat Milad SD Mukarta yang ke 105. Sebagai sebuah institusi pendidikan di bawah Persyarikatan Muhammadiyah, maka sudah barang tentu membawa tujuan persyarikatan yaitu terbentuknya manusia pembelajar yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berkemajuan, dan unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) sebagai perwujudan misi dakwah dan tajdid Muhammadiyah untuk kemajuan peradaban hidup umat manusia yang rahmatan lil-‘alamin.

Untuk mewujudkan pembelajaran yang beriman, bertaqwa unggul dalam ilmu pengetahuan maka SD Mukarta selalu berinovasi dan mengembangkan pembelajaran. Termasuk saat Milad 105 ini diadakan beberapa kegiatan yang mendukung terwujudnya tujuan pendidikan Muhammadiyah.

Kegiatan rangkaian Milad diawali di awal Oktober 2023 dengan lomba Futsal antar sekolah Muhammadiyah se DIY mulai SD sampai SMA. “Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan raga yang sehat dan memupuk silaturohim antar anggota persyarikatan, ” kata Ihti Samsudin Sani selaku ketua Milad 105.

Setelah kegiatan Futsal dan masih di bulan Oktober 2023 akhir ada kegiatan Pengajian Akbar di halaman sekolah. Pada pengajian ini menghadirkan ustadzah Eni Harjanti yang dihadiri sekitar 300 orang. Setelah pengajian dilanjutkan kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako ditujukan untuk warga sekitar.

Ratusan sembako telah tersalurkan dalam kegiatan Bakti sosial tersebut, dengan harapan masyarakat sekitar ikut serta merasakan kegembiraan Milad ini. Setelah kegiatan bakti sosial masih ada kegiatan Donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Yogyakarta, yang ditujukan untuk warga sekolah dan umum.

Kegiatan yang melibatkan warga umum tidak berhenti di situ, di bulan November masih ada kegiatan Jalan sehat yang diikuti oleh 2000 orang terdiri dari unsur guru, karyawan SD Mukarta, orang tua dan siswa, unsur persyarikatan PCA, PCM dan masyarakat umum. Doorprize utama kegiatan jalan berupa kulkas yang merupakan sponsor dari berbagai pihak antara lain dari UMY, UAD dan Bank kolega sekolah.

Kegiatan lain di hari yang sama adalah Gelar karya Proyek P5, seluruh siswa dari kelas 1-6 menunjukkan potensi masing-masing. Kelas 1 menampilkan karya batik jumputan, kelas 2 tampil mengisi acara berupa tari, kelas 4 pameran berupa makanan tradisional, kelas 5 mengisi tampilan drama dan kelas 3 dan 6 mengisi kewirausahaan dengan berjualan. Proyek P5 yang dicanangkan melalui Program Kurikulum Merdeka menjadikan hal berbeda bagi anak-anak untuk berkreasi dan berinovasi.


Perayaan Milad 105 SD Mukarta dihadiri Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta Aris Madani, S.Pd.I. sekaligus membuka kegiatan puncak Milad 105 SD Mukarta. Ada juga tamu dari BPMP DIY dan Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga Kota Yogyakarta. Penutupan acara dilakukan pada pukul 15.00 sekaligus pengumuman Lomba angklung, yang dilaksanakan di hari yang sama setelah dzuhur. (*)

 
Berita ini diterima Mediamu dari SD Muhammadiyah Karangkajen 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here