Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan

Kultum Muhdasa Melatih Kepercayaan Diri dan Public Speaking

YOGYA – Salah satu program baru pembiasaan yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta (Muhdasa) adalah kultum terjadwal, yang dilaksanakan setiap hari Senin pada pukul 07.00-08.00 WIB sebelum pembelajaran dimulai.

Rangkaian kegiatan rutin ini diawali dengan tahsin Al-Qur’an, dilanjutkan dengan kultum (kuliah tujuh menit) oleh guru dan tenaga kependidikan (tendik) secara bergantian sesuai dengan jadwal yang dibuat. Sesi kultum berakhir dengan briefing terkait dengan agenda sekolah.

Seluruh guru dan tendik di sini mendapat kesempatan untuk menyampaikan kultum sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Kesempatan pertama kultum dilaksanakan oleh Kepala Sekolah Muhdasa, Esti Priyantini, S.S., M.Pd.BI. yang menyampaikan tentang keteguhan hati seorang Muslim, suasana hati manusia yang berubah-ubah setiap saat.

“Ada kalanya seseorang mampu menjalankan rangkaian ibadah wajib plus sunah tetapi mungkin suatu saat kita begitu malas untuk sekedar menunaikan sholat wajib,” tutur Ibu Kepala Sekolah.

Untuk kondisi demikian, ada sebuah doa yang wajib dihafalkan setiap muslim yaitu, “Ya muqollibal qulub tsabbit qolbi alaa diinik”. Apa artinya? Seperti yang sudah disinggung di awal, kalbu atau hati seseorang bisa berubah-ubah. Hal itu terjadi atas kehendak Allah SWT, Allah mempunyai kuasa penuh dalam membolak-balikkan hati manusia.

Supaya tetap Istiqomah, Esti mengingatkan agar perlu mengamalkan doa tadi juga saling mengingatkan dan saling menasehati sesama manusia sehingga bisa memberikan manfaat untuk orang lain.

Pembiasaan kultum terjadwal ini diharapkan akan menumbuhkan kepercayaan diri seluruh Guru dan Tendik untuk berbicara di depan umum (public speaking skill). Selain itu, dengan adanya kultum terjadwal tentunya akan menambah wawasan keilmuan menuju sekolah yang religius, inovatif, dan berwawasan global. (*)

 Berita ini diterima mediamu.com dari Dewi Istiqomah (SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here