Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jun 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Alhamdulillah Berkah Iduladha, Siswa Mubaligh Hijrah SMA Muha Safari Qurban di Samigaluh Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship

Muhdasa Ramaikan Ramadan dengan Pesantren Kilat

YOGYA – SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta memanfaatkan momentum Ramadan 1444 H dengan memperdalam ilmu agama kepada siswa, melalui Pesantren Kilat selama dua hari, yaitu Sabtu (8/4) dan Senin (10/4), mulai pukul 13.00-19.00 WIB di Masjid Jami Sagan dan Ruang Kelas Muhdasa.

Pesantren kilat diawali dengan acara pembukaan oleh Kepala SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta dan dihadiri oleh dewan guru dan Tendik serta siswa Muhdasa.

Kepala Muhdasa, Esti Priyantini, S S., M.Pd.BI. menyampaikan pesantren ini bertujuan untuk memperdalam ajaran agama tentang ibadah, akhlak untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya berpesan kegiatan ini dapat meningkatkan ibadah para siswa serta materi yang nanti disampaikan oleh bapak ibu guru dapat menjadi bekal ilmu yang bermanfaat,” ujarnya.

Dalam pesantren kilat tersebut, para siswa dibiasakan untuk senantiasa melaksanakan salat berjamaah, serta membaca Al Quran. Adapun materi pesantren kilat berupa penjelasan tentang puasa, salat Tarawih, zakat fitrah, dan terakhir tentang salat ‘Ied.

Di pesantren kilat ini, terdapat narasumber dari Bhabinkamtibmas Gondokusuman, yang menyampaikan materi tentang penguatan karakter serta memotivasi anak-anak agar berprestasi dan bertindak positif. Setelah itu ada sesi SGD (Small Group Discussion) sehingga para siswa bisa menyimak dengan nyaman bahasan ringan seputar bulan Ramadan.

Tentunya, selain sebagai bekal ilmu, tema pesantren kilat “Kokohkan aqidah, tingkatkan ibadah di bulan penuh Berkah” dipilih untuk mengingatkan siswa agar selalu menyibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat dan bersifat positif.

Hal tersebut terlihat dari siswa sangat antusias mengikuti bimbingan yang disampaikan oleh bapak ibu guru. (*)


Berita ini diterima mediamu.com dari Dewi Istiqomah (SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here