Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan

Untuk Pastikan Kualitas Pembelajaran, SMA Muhi Yogya Gelar Seminar Parenting Online

YOGYAKARTA — Kualitas pendidikan di masa pandemi menjadi concern SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan sangat berdampak pada siswa. Karena itu selain pihak sekolah yang harus selalu mempertahankan kualitas pembelajaran, orangtua di rumah juga memastikan putra/putrinya tetap fokus dan bisa belajar dengan maksimal.

Salah satu upaya sekolah adalah menyelenggarakan Seminar Parenting  “Mengoptimalkan Kerja Sama Orangtua dengan Anak dalam Pembelajaran Online” dengan nara sumber Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng. Senin (11/1) dan Selasa (12/1). Tujuannya untuk memastikan kualitas pembelajaran jarak jauh SMA Muhi Yogyakarta tetap terjamin kualitasnya.

Kegiatan hari Senin ditujukan kepada kelas XI dan Selasa untuk kelas X, semuanya dimulai pukul 12.30 WIB. Peserta seminar adalah guru karyawan, siswa, dan orangtua/wali. Melalui kegiatan ini, sekolah dan orangtua dapat belajar bersama menjadi orangtua yang baik bagi anak dan perannya dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Erik Hadi menjelaskan berbagai tanggung jawab dan tips orangtua/wali dalam mendidik dan mendampingi putra/putrinya di masa krisis. Antara lain adalah mendidik dengan keteladanan, kebiasaan, nasihat, perhatian, serta hukuman yang bersifat lembut dan bertahap.

Kepada para siswa, ia berpesan agar terus semangat dalam belajar, selalu menjaga komunikasi dengan guru dan orangtua. Selain itu siswa harus memiliki komitmen kuat untuk belajar agar menjadi orang yang sukses.

Pada bagian lain Erik Hadi mengajak para orangtua/wali untuk melakukan relaksasi imagery, membayangkan beberapa tahun ke depan tentang putra/putri mereka. Relaksasasi guide imagery merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menurunkan kecemasan dengan cara membayangkan suatu keadaan atau serangkaian pengalaman yang menyenangkan secara terbimbing dengan melibatkan indera.

“Senang sekali, ternyata sekolah-sekolah sudah sadar akan pentingnya parenting bagi orangtua. Sambutan yang luar biasa hangat dari para orangtua/wali,” kata Erik pada awal materi.

Sedangkan Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Drs. H. Herynugroho, M.Pd., mengajak para orangtua untuk selalu mengawasi dan mendampingi aktivitas putra-putrinya selama pembelajaran jarak jauh.

“Saya menilai edukasi parenting dalam masa-masa seperti ini merupakan urgensi. Alhamdulillah materi yang disampaikan luar biasa dan sangat bermanfaat. Semoga kegiatan ini dapat menjaga semangat, menambah keikhlasan serta kesabaran dalam mendidik anak-anak kita saat ini serta ke depannya,” kata Herynugroho. (*)


Berita dikirim Yusron Ardi Darmawan M.Pd.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here