Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jun 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Alhamdulillah Berkah Iduladha, Siswa Mubaligh Hijrah SMA Muha Safari Qurban di Samigaluh Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship

Tingkatkan Semangat Beribadah, SMP MUSADE Adakan Pesantren Ramadan

SLEMAN – Selama bulan Ramadan berlangsung, beberapa sekolah memanfaatkan ini dengan mengadakan kegiatan Pesantren Ramadan untuk peserta didik. Tentunya ini bertujuan untuk memberikan materi keislaman yang mendalam dan meningkatkan semangat beribadah bagi peserta didik.

Salah satu sekolah yang mengadakan Pesantren Ramadan adalah SMP Muhammadiyah 1 Depok, Sleman. SMP MUSADE menyelenggarakannya pada 10 – 13 April 2023 dengan dua gelombang. Pertama, diikuti kelas VIII sebanyak 109 siswa pada 10 – 11 April. Kedua, diikuti kelas VII juga sebanyak 109 siswa pada 12 – 13 April.

“Tentunya sebagai sekolah Islam, SMP MUSADE ingin menumbuhkan semangat keibadahan pada siswa melalui Pesantren Ramadan ini,” ujar Abidin Fuadi Nugroho, M.S.I. selaku Kepala Sekolah.

Kegiatan pesantren ini juga dikemas dengan materi -materi keislaman dan aktivitas yang berhubungan dengan Ramadan serta siswa menginap di sekolah.

Materi di dua kelas dibuat berbeda, untuk kelas VII diberikan materi tata cara salat dan BTAQ atau Bimbingan Baca Al Qur’an. Sedangkan, kelas VIII lebih menekankan kemampuan dakwah bil lisan dengan praktik kultum yang wajib dilakukan seluruh siswa dan tugas hafalan juz 30.

Menurut Abidin, inilah yang membedakan antara kegiatan sekolah sehari – hari dengan pesantren Ramadan.

“Sehingga, kami harapkan anak – anak nanti setelah kegiatan pesantren ada sesuatu yang baru, terutama dalam hal pengalaman, karena selama ini mereka berada di sekolah biasa dan dengan ikut pesantren, mereka bisa dapat pengalaman baru. Di samping juga menumbuhkan semangat beribadah,” jelasnya.

Artinya, setelah mengikuti pesantren Ramadan ini, siswa MUSADE semakin terdorong dalam hal beribadah. Misal, dulunya tidak ikut Tarawih setelah pesantren jadi rajin Tarawih dan yang dulunya jarang belajar keislaman setelah ikut pesantren jadi semakin sering belajar, begitu juga kegiatan keislaman lainnya.

“Kita lengkapi dan bekali anak – anak dengan panduan Ramadan untuk bisa dibaca ulang mengenai apa yang harus dilakukan selama bulan Ramadan,” lanjut Abidin.

Selain pesantren, ada beberapa kegiatan SMP MUSADE di bulan Ramadan ini, seperti berbagi takjil, infaq rutin, dan pendalaman keislaman bagi guru dan tenaga kependidikan. Tentunya, momentum Ramadan ini, selain meningkatkan ibadah secara khusus antara manusia dengan Allah, ada juga kegiatan lain yang penting, yaitu berbagi dengan sesama. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here