Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Feb 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ajang Peningkatan Kualitas, SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Islamic Competition Inspiratif! 21 Siswa Terbaik SMA MUHI Yogyakarta Lulus sebagai Tahfidz Rayakan Milad, SMA Mutu Yogyakarta Gelar Turnamen Bulu Tangkis Antar SMP/MTs se-DIY SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Gelar Turnamen Sepak Bola Antar SMP/MTs Se-DIY Milad ke-76 Tahun, SMP Muhammadiyah 1 Sleman Gelar Jalan Sehat Diikuti Ribuan Peserta Tim Kemenko Marves Apresiasi Gerakan Sedekah Sampah SMP Muhdasa Latih Kesiapan Siswa Jelang ASPD, Muhdasa Gelar Tryout Akbar SD/MI Hebat! SMP Muhdasa Raih Beragam Prestasi di Olimpiade Ahmad Dahlan 2024 Resmikan Gedung SD Muhammadiyah Balerante, Sri Purnomo: Renovasi Wujud Peningkatan Kualitas Pendidikan SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Sukses Borong 15 Medali Olympicad DIY 2024 Selesai Rehab, SD Muhammadiyah Notoprajan Gelar Tasyakuran dan Serah Terima Kunci Santri MBS Al-Muttaqiin Gedangsari Siap Borong Medali OlympicAD 2024 DIY Siapkan Masa Depan Siswa, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Adakan Pembekalan Lewat Program Sekolah, Siswa SMA Muhi Yogya Berumrah ke Tanah Suci Pelajari Budaya dan Bahasa Arab, Muallimin Gelar Arabic Camp 2024 di Mesir Terbang ke Malaysia-Singapura, Mu'allimin Gelar International English Camp Luar Biasa, SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sumbang Wisudawan BTHQ Terbanyak 14 Siswa SMK Muhammadiyah Kretek Terima Beasiswa Mentari Lazismu UMY Sukses SMA Al Mujahidin Wonosari: Sederet Prestasi Hingga Studi Lanjut ke Luar Negeri Menyesuaikan Diri Kembali ke Sekolah Setelah Libur Panjang

SMK Muhammadiyah Kretek : Kuat Iman Islamnya, Hebat Karakternya, Cakap Kompetensinya.

MEDIAMU.COM - SMK Muhammadiyah Kretek adalah salah satu sekolah unggulan dan terbaik yang terletak di Bantul Selatan, tepatnya di Jl Parangtritis km 22, Tegalsari Donotirto, Kretek, Bantul. Sekolah yang mempunyai slogan "Kuat Iman Islamnya, Hebat Karakternya, Cakap Kompetensinya" ini sudah terakreditasi BAN S/M dengan nilai A (Sangat Baik). Sekolah yang telah berdiri sejak 1989 ini selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Adapun visi SMK Muhammadiyah Kretek adalah sebagai berikut :

“Terwujudnya Kader Muhammadiyah dan bangsa yang berakhlak mulia, kompeten dan siaga bencana.”

Indikator Pencapaian Visi :

NoKomponenIndikator
1

Kader Muhammadiyah dan bangsa

  • Menjadi Kader Muhammadiyah.
  • Aktif dalam organisasi otonom Muhammadiyah (IPM, HW, Tapak Suci, Pemuda Muhammadiyah, dan Nasyiatul Aisyiyah)
  • Aktif dalam kegiatan di berbagai level Pimpinan Persyarikatan Muhammadiyah.
2

Berakhlak mulia

  • Terciptanya peserta didik yang beriman kepada Allah SWT dengan menanamkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
  • Tercapainya peserta didik yang santun dalam berbahasa dan berbudi luhur dalam berperilaku.
3

Kompeten

  • Terwujudnya pembelajaran yang berkarakter sebagai sarana membentuk sumber daya manusia yg aktif, kreatif, dan inovatif
  • Terwujudnya insan yang terampil, kompeten, dan memiliki kemampuan dasar life skill dan soft skill sebagai bekal hidup mandiri di masa depan
4

Siaga bencana

  • Terwujudnya kesiapsiagaan peserta didik dalam menghadapi bencana.
  • Terwujudnya penyelenggaraan penanggulangan bencana yang terencana, terpadu dan menyeluruh.

Misi SMK Muhammadiyah Kretek :

  1. Melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan motivasi dan semangat berMuhammadiyah baik di sekolah maupun di masyarakat
  2. Mewujudkan warga sekolah yang beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT
  3. Mewujudkan kebiasaan berkomunikasi yang santun, berbudi pekerti luhur yang tinggi
  4. Menanamkan etika moral dan jiwa sosial kebangsaan yang tinggi
  5. Meningkatkan ketersediaan Layanan Pendidikan Khusus/ Inklusi
  6. Mewujudkan hasil lulusan yang berkarakter dan kompetitif yang mampu bersaing secara global.
  7. Mewujudkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
  8. Memberikan kompetensi kebencanaan sebagai bekal bagi warga sekolah untuk antisipasi dan penanganan ketika terjadi bencana.

Sampai saat ini, SMK Muhammadiyah Kretek mempunyai 3 Program Keahlian, yaitu Akuntansi & Keuangan Lembaga, Pengembangan Perangkat Lunak & Gim, dan Teknik Sepeda Motor.  Dengan berbagai fasilitas dan guru pengajar yang profesional, diharapkan para siswa dapat mengembangkan bakatnya sesuai Program Keahlian yang dipilih.  Karena, memang dari Guru pengajar ada beberapa  yang sudah S2 dan atau menjadi Guru Penggerak.  Dari segi fasilitas pun, sudah lengkap, mulai dari gedung dan alat praktek motor di kampus 2.  Komputer laboratorium pun sudah menggunakan teknologi terbaru.

Untuk mengembangkan bakat siswa pun, dilaksanakan program ektrakurikuler.  Dalam bidang olahraga ada pencak silat dan voli, di bidang seni ada seni musik, tilawah Al Quran, lukis.  Selain itu pula ada ektrakurikuler komputer office, bisnis online serta kepanduan atau hizbul wathon.  Prestasi yang diperoleh pun sudah mencapai tingkat nasional, alhamdulillah berkat doa, dukungan dan kerja keras dari semua civitas di SMK Muhammadiyah Kretek.

Dalam rangka pengembangan diri siswa pula, diadakan program rayon.  Dimana, siswa dikelompokkan per kapanewon dan diminta aktif di kegiatan Muhammadiyah masing-masing.  Para siswa diharapkan juga punya inisiatif dan aktif di masyarakat maupun di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah.  Harapan kedepan, para siswa menjadi kader Muhammadiyah di wilayahnya masing-masing.

Ribuan alumni telah diluluskan melalui SMK Muhammadiyah Kretek, dan para alumni telah menjadi seorang yang berguna di keluarga maupun masyarakat.  Karena ada alumni yang bekerja, baik itu PNS, Pegawai Swasta, maupun di Amal Usaha Muhammadiyah.  Selain bekerja, para alumni juga banyak yang melanjutkan untuk kuliah, karena memang sekolah di SMK bisa langsung bekerja maupun melanjutkan kuliah.  Selain itu, tidak sedikit pula para alumni yang berwirausaha, sesuai dengan passion masing-masing, dan tidak sedikit pula yang sukses.

Kedepan, harapannya SMK Muhammadiyah Kretek semakin bermanfaat bagi masyarakat.  Dengan memberikan alumni-alumni terbaik di bidangnya.  Dan juga menjadi kader muhammadiyah, melalui program-program yang ada di SMK Muhammadiyah Kretek, tentunya yang berakhlak mulia dan kompeten di bidangnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here