Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jul 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
SMK MODELS Luncurkan Water Station, Inovasi Pengendali Sampah Plastik di Sekolah Tim Tari SMP Muhdasa Yogya Semarakkan Puncak Milad NA ke-96 Siap Jadi Content Creator, Lulusan SMP/MTs se-DIY Ikuti Workshop SMK Muhammadiyah 1 Yogya Mendunia! SMA Muhammadiyah 2 Yogya Bertukar Siswa Virtual dengan SMA di Taiwan Rayakan Kelulusan dan Pelepasan Siswa, SMP Muhdasa Yogya Gelar Haflah Akhirussanah Alhamdulillah Berkah Iduladha, Siswa Mubaligh Hijrah SMA Muha Safari Qurban di Samigaluh Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih

Mengglobal, SD Muhammadiyah Karangkajen dikunjungi Tamu dari Inggris

Maria Meredith, Ph.D dan Dr. Alex Masardo bersama dengan guru SD Muhammadiyah Karangkajen. Foto: Dok. SD Mukarta

YOGYA - SD Muhammadiyah Karangkajen, Yogyakarta (Mukarta) kedatangan tamu istimewa dari luar negeri, yaitu dari University of Gloucestershire, Inggris atau United Kingdom (UK), yaitu Maria Meredith, Ph.D dan Dr. Alex Masardo, pada Rabu (12/6). 

Datangnya mereka ke SD Mukarta ini berkat kerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang terjalin cukup lama. Sesaat setelah tiba, kedua tamu itu disambut oleh guru dan siswa SD Muhammadiyah Karangkajen.

Adapun, kehadirannya ke Indonesia dalam rangka menjalin kerjasama dengan sekolah -sekolah di Indonesia. Saat bertemu dan berinteraksi dengan siswa, beberapa siswa yang memberikan pertanyaan dengan bahasa Inggris.

Kehadiran tamu berdua ini memberi manfaat cukup baik kepada siswa, berkaitan dengan pembelajaran. Selain itu kegiatan ini dalam rangka melatih siswa dan guru untuk berani menggunakan bahasa Inggris.

Walaupun pertanyaan dengan kata-kata yang singkat, akan tetapi Prof. Iloana sangat terkesan dan memberi apresiasi kepada siswa SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta yang berani berbicara dan bertanya dengan bahasa Inggris.

Setelah bertemu dengan siswa kemudian masuk ke ruang pertemuan dan berdialog dengan bapak dan ibu guru. Masih seputar tentang bagaimana pembelajaran dan mengelola pendidikan di Indonesia dan UK, beliau menceritakan tentang pembelajaran di UK. Ternyata memang berbeda baik materi dan cara pembelajaran UK dan Indonesia. 

Kegiatan diakhiri dengan berkeliling sekolah melihat beberapa ruangan kelas serta hasil karya siswa. Disampaikan oleh Kepala Sekolah Novia Nuryany didampingi Tri Nugroho, kedepan kegiatan berkolaborasi dengan Universitas dalam rangka menghadirkan tamu-tamu dari luar negeri seperti ini akan sering dilakukan untuk menambah wawasan tentang luar negeri khususnya tentang pembelajaran dan berkaitan dengan melatih untuk berbahasa Inggris.

Seperti slogan Muhammadiyah yang berkemajuan, sehingga meningkatkan kerjasama dan hubungan dengan luar negeri memberikan dampak positif untuk kemajuan Sekolah. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here