Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jun 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Alhamdulillah Berkah Iduladha, Siswa Mubaligh Hijrah SMA Muha Safari Qurban di Samigaluh Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship

Melalui Seminar, Mu'allimin Diskusikan Pemanfaatan AI untuk Pendidikan

YOGYA - Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta menggelar seminar pendidikan pada Jumat (1/12), dengan fokus pada pemanfaatan teknologi AI dalam proses pembelajaran. Acara yang berlangsung di Aula Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta tersebut menampilkan dua pembicara utama, yaitu H. Didik Suhardi, Ph.D, Ketua Dikdasmen PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Yusuf Seto, Country Manager Indonesia at Cambridge University Press and Assessment.

Seminar ini membahas berbagai informasi terkait pemanfaatan dan perkembangan teknologi dalam pendidikan, dihadiri oleh berbagai elemen pendidikan, seperti Pengawas Madrasah Kementerian Agama RI, kepala sekolah SD, SMP, SMA Muhammadiyah sederajat, dan guru.

Direktur Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, Aly Aulia, Lc., M.Hum., menyampaikan apresiasi kepada para peserta dan berharap seminar ini dapat memberikan tambahan wawasan terkait bagaimana teknologi telah dan akan terus memasuki dunia pendidikan dengan fitur-fitur inovatifnya.

"Saya berharap melalui seminar ini dapat memberikan tambahan wawasan terkait fakta bagaimana teknologi sudah dan akan terus masuk dalam dunia pendidikan dengan fitur-fitur barunya," katanya.

Aly Aulia juga berharap bahwa acara ini dapat membuka wawasan para peserta agar mereka dapat mempersiapkan diri menghadapi kemajuan teknologi dan mengintegrasikannya ke dalam kelas sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa.

H. Didik Suhardi dalam paparannya menjelaskan visi pendidikan Muhammadiyah agar sekolah-sekolahnya dapat terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi, termasuk program-program prioritas pendidikan di Muhammadiyah.

Pemateri lain, Yusuf Seto dari Cambridge Indonesia, menyampaikan pandangannya tentang pendidikan masa depan, dengan menyoroti perkembangan teknologi dalam pendidikan serta tantangan yang dihadapi oleh lembaga-lembaga pendidikan.

Seminar berlangsung selama 3 jam dan mencakup sesi pembagian Best Practice oleh dua presenter dari Madrasah Mu'allimin dan Madrasah Mu'allimaat, yang berbagi pengalaman penggunaan teknologi dan AI di dalam kelas. Kemudian dilanjut sharing session membahas cara penggunaan AI dalam mengembangkan kegiatan belajar di kelas, terutama dalam International Class yang memperbolehkan siswa menggunakan laptop sebagai media pembelajaran, serta memberikan kesempatan kepada guru untuk berinovasi dengan berbagai aplikasi AI yang tersedia. (*)

Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here