Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

MBS Bumiayu Selenggarakan Penguatan Profil Pelajar Pancasila

BREBES – Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu, Brebes, Jateng, mengadakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Obyek Wisata Tuk Sirah Kali Pemali Desa Winduaji, Paguyangan, Brebes, Selasa (13/6). Diikuti seluruh santri yang jumlahnya 238, dikawal musyrif dan wali kelas VII A-D, VIII A-D, X IPA 1 & 2, serta XI IPA 1 & 2.

Menurut Sutriyono, Mudir MBS Bumiayu, kegiatan itu mengangkat tema “Kita Ciptakan Merdeka Belajar untuk Wujudkan Pelajar Pancasila yang Berakhlak Mulia dengan Kreatif dan Inovasi Selalui Stop Bullying.”

Pesantren MBS Bumiayu, kata Sutriyono, akan mampu mewujudkan santrinya menjadi pelajar Pancasila yang berkompetensi global, sesuai nilai-nilai dari dasar negara Indonesia.

“Kreatif dan inovatif, sehingga mampu melahirkan kader bangsa yang bermisi keumatan dan mencerahkan semesta,” harapnya. Ia menambahkan bahwa Profil Pelajar Pancasila sudah tercermin dalam diri santri, sehingga tinggal dikuatkan dengan kreativitas dan inovasi menggali dan memperdalam keilmuan agama secara serius.

Sedangkan Aiptu Maman Samanhudi dari Polsek Paguyangan memaparkan implementasi pembentukan Profil Pelajar Pancasila menjadi suatu yang sangat mendasar agar santri MBS Bumiayu akan semakin ramah terhadap lingkungan dan alam sekitar.

“Pembelajaran berbasis proyek yang sekarang ini sangat luar biasa sebagai salah satu media untuk menguatkan karakter seorang santri sekaligus sarana dalam memaksimalkan kompetensi santri dengan skill mumpuni yang senantiasa diiringi oleh nilai-nilai keadaban,” tuturnya.

Ketua panitia, Rizal Imanullah, S.Pd., menjelaskan jika kegiatan tersebut sebagai bagian dari tahapan kurikulum merdeka dan turut serta mempercepat upaya mencetak kader penerus bangsa yang kuat baik jiwa raga, mumpuni dalam keilmuan dan beradab dalam berperilaku.

Kegiatan berlangsung meriah, menyenangkan dan semarak. Diawali pemaparan materi dari Polsek Paguyangan dilanjutkan Deklarasi Anti Bullying, dan semakin semarak ketika sampai pada acara outbond yang menampilkan berbagai variasi game seperti bola naga, menjinakkan balon, ketangkasan, kecepatan, building box, dan tarik tambang. (*)


Berita ini diterima mediamu.com dari Tarqum Aziz, Kabag Media dan Human Relations MBS Bumiayu

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here