Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jun 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah 

Mu’allimin Roundtable Meeting dengan Lembaga Pendidikan Malaysia

YOGYAKARTA — Sebanyak 22 orang utusan dari tujuh lembaga dari Malaysia: WADAH, ABIM, PKPIM, YTP, KDH, SERI, SEMI, dipimpin Presiden WADAH Datuk Haji Ahmad Azam bin Ab Rahman pada 12-14 Agustus 2018 kunjungi Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam rangka mempelajari lebih cermat terkait model pengelolaan madrasah sekaligus mendiskusikan model perkaderan pimpinan Muhammadiyah melalui lembaga pendidikan — dalam hal ini Mu’allimin — diadakan roundtable meeting dengan WADAH dan lembaga pendidikan Malaysia, Ahad malam (12/8/2018), di Grha Suara Muhammadiyah, Jl KHA Dahlan Yogyakarta.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama terkait dengan pengembangan kompetensi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. “Sekaligus juga pertukaran pelajar,” jelas H Aly Aulia, Lc, M.Hum, Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, didampingi Dr H Agung Danarto, MAg (Sekretaris PP Muhammadiyah) selaku Ketua BPH Mu’allimin-Mu’allimaat.

Disampaikan Agung Danarto, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta adalah sekolah kader di bawah Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan pada tahun 1918.

“Kiprah madrasah ini sudah dirasakan keberadaannya oleh semua golongan, tidak hanya oleh warga persyarikan saja, akan tetapi lebih dari itu kiprah para siswa dan para alumninya sudah melintasi zaman,” papar Agung Danarto, yang menambahkan hal itu sesuai dengan usia yang telah dipunya oleh madrasah ini.

Pada tahun 2018, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta genap berusia 100 tahun. “Dalam usia ini, tentu sudah banyak yang dilakukan madrasah, baik itu untuk kepentingan dan kemajuan Muhammadiyah maupun untuk Indonesia,” terang H Aly Aulia, Lc, M.Hum, Direktur Mu’allimin.

Dalam perjalanan pengembangan jaringan baik dengan lembaga Muhammadiyah maupun lembaga non-Muhammadiyah, terus dilaksanakan. Bahkan, saat ini pengembangan jaringan juga dilakukan dengan berbagai lembaga lain, baik di dalam maupun luar negeri.

Peningkatan kerjasama dalam bentuk pengabdian pada masyarakat juga telah dilakukan Mu’allimin. Bahkan, belakangan ini pengabdian masyarakat yang dilakukan Mu’allimin tidak hanya sebatas di dalam negeri saja, akan tetapi sudah merambah ke luar negeri seperti: Malaysia, Thailand, Kamboja bahkan Jepang.

Terkait sepak-terjang yang telah dilakukan Mu’allimin tersebut, pada akhirnya membuat semua pihak ingin berkunjung dan melihat langsung terkait sistem pendidikan yang diterapkan Mu’allimin. Bahkan, beberapa lembaga pendidikan di luar negeri sudah melakukan penandatanganan MoU dengan Mu’allimin.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here