Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan

Islamic Parenting KB Aisyiyah Surya Melati

BANTUL — Perkembangan sosio-kultural, teknologi dan akses media, telah membawa dampak positif maupun negatif dalam masyarakat. Khususnya pula terhadap perkembangan dan perilaku anak.

Hal ini terlihat jelas dalam perilaku keseharian anak-anak. Mereka telah mengalami lompatan perilaku dari kesibukan berkumpul, bermain bersama dengan permainan tradisional yang bersifat kolektif, beralih kepada perilaku individual dengan permainan yang berasal dari gedget mereka.

Sehingga cenderung abai dan memunculkan sikap tidak terlalu peduli dengan orang di sekitarnya ataupun lingkungannya.

Belum lagi perubahan perilaku pola makan, yang cenderung berubah, seiring dengan maraknya penjual jajanan keliling dengan berbagai macam makanan.

Mereka lebih cenderung memilih jajanan di pinggir jalan ketimbang makanan sehat yang disediakan orangtuanya.

Padahal, perilaku jajan akan menimbulkan beberapa perubahan perilaku, di antaranya adalah anak cenderung manja karena pada akhirnya dia punya jurus jitu, yakni dengan  tangisannya untuk membeli jajanan keliling lebih sering dikabulkan.

Kemudian, persoalan yang timbul adalah perilaku boros suka jajan dan sedikit menabung. Berikutnya, jajanan yang tidak terpantau dari sisi kebersihan dan kesehatannya hanya akan menimbulkan penyakit baru dalam tubuh anak.

Dari beberapa pandangan itulah, KB ‘Aisyiyah Surya Melati Brajan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, menyelenggarakan acara Islamic Parenting.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan dua bulan sekali ini mengundang dr. Misbach Umar, yang menyampaikan paparan mengatasi masalah pada anak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) Tamantirto Tengah, Ny Umi Kulsum, beserta anggota.

Sementara itu, para wali murid juga bersemangat hadir mendengarkan dan berkonsultasi langsung. Berbagai permasalahan yang ada pada anak langsung ditanyakan kepada dr. Misbach, baik tentang kesehatan, perilaku anak dan sebagainya.

Bahkan disampaikan pula, konsultasi bisa dilayani di luar forum, jika belum puas. Oleh karena dr. Misbach juga salah satu wali siswa PAUD ‘Aisyiyah Surya Melati. (ant)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here