Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Feb 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ajang Peningkatan Kualitas, SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Islamic Competition Inspiratif! 21 Siswa Terbaik SMA MUHI Yogyakarta Lulus sebagai Tahfidz Rayakan Milad, SMA Mutu Yogyakarta Gelar Turnamen Bulu Tangkis Antar SMP/MTs se-DIY SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Gelar Turnamen Sepak Bola Antar SMP/MTs Se-DIY Milad ke-76 Tahun, SMP Muhammadiyah 1 Sleman Gelar Jalan Sehat Diikuti Ribuan Peserta Tim Kemenko Marves Apresiasi Gerakan Sedekah Sampah SMP Muhdasa Latih Kesiapan Siswa Jelang ASPD, Muhdasa Gelar Tryout Akbar SD/MI Hebat! SMP Muhdasa Raih Beragam Prestasi di Olimpiade Ahmad Dahlan 2024 Resmikan Gedung SD Muhammadiyah Balerante, Sri Purnomo: Renovasi Wujud Peningkatan Kualitas Pendidikan SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Sukses Borong 15 Medali Olympicad DIY 2024 Selesai Rehab, SD Muhammadiyah Notoprajan Gelar Tasyakuran dan Serah Terima Kunci Santri MBS Al-Muttaqiin Gedangsari Siap Borong Medali OlympicAD 2024 DIY Siapkan Masa Depan Siswa, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Adakan Pembekalan Lewat Program Sekolah, Siswa SMA Muhi Yogya Berumrah ke Tanah Suci Pelajari Budaya dan Bahasa Arab, Muallimin Gelar Arabic Camp 2024 di Mesir Terbang ke Malaysia-Singapura, Mu'allimin Gelar International English Camp Luar Biasa, SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sumbang Wisudawan BTHQ Terbanyak 14 Siswa SMK Muhammadiyah Kretek Terima Beasiswa Mentari Lazismu UMY Sukses SMA Al Mujahidin Wonosari: Sederet Prestasi Hingga Studi Lanjut ke Luar Negeri Menyesuaikan Diri Kembali ke Sekolah Setelah Libur Panjang

Pertama Kali ke Yogya, Mahasiswa Ceko dan Jepang Kunjungi SD Muhammadiyah Karangkajen

Dua mahasiswa dari Ceko dan Jepang kunjungi SD Muhammadiyah karangkajen. Foto: Dok. SD Muhammadiyah Karangkajen

YOGYA - SD Muhammadiyah Karangkajen (Mukarta) mendapatkan kunjungan istimewa dari dua mahasiswa luar negeri, Jumat (5/1). Kedua mahasiswa itu yakni Vendy dari Republik Ceko dan Narumi dari Jepang. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari komunikasi dan silaturahmi pertukaran mahasiswa. Mahasiswa luar negeri tersebut baru melakukan kunjungan ke Indonesia dan pertama kali ke Yogyakarta, khususnya di SD Muhammadiyah Karangkajen. 

Kunjungan kali ini dimaksudkan untuk berbagi ilmu dan untuk mengetahui pembelajaran di Indonesia. Novia Nuryany, S.IP, M.Pd selaku Kepala SD Mukarta menyampaikan bahwa selama kunjungan, mahasiswa melakukan interaksi dengan siswa di kelas. 

“Interaksi dengan menggunakan bahasa Inggris memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berbicara dan kosakata bahasa inggris,” ucap Novia.

“Kemampuan berbicara menggunakan bahasa inggris merupakan salah satu visi di SD Mukarta, yaitu berwawasan global. Diharapkan siswa SD Mukarta mempunyai kemampuan berbahasa Inggris untuk berkomunikasi sehari-hari,” ucap Dewi Indrasti, S.Pd selaku Wakabid Pendidikan Pengajaran dan Kurikulum. Selain itu dengan kehadiran mahasiswa dari Ceko dan Jepang, memberikan pengalaman siswa tentang budaya dan keunikan di kedua negara.

Selain itu, pengalaman tentang budaya juga diperoleh oleh kedua mahasiswa asing tersebut. Karena selama di Mukarta, mereka melakukan kegiatan mulai dari salam sapa di pagi hari, sampai saat bel masuk berdoa pembelajaran di kelas dan kegiatan persekolahan lainnya. Kesan yang diperoleh baik dari siswa SD mukarta dan kedua mahasiswa ini sangat positif dan menguntungkan.

Tentu saja, kegiatan ini membawa dampak yang positif terhadap siswa, karena bisa mengenal langsung budaya dari kedua negara dan dapat mendengar logat bahasa inggris dari masing-masing negara. Harapan besar kedepan bahwa kegiatan ini terus berlangsung untuk memberikan wawasan siswa SD Mukarta ke depan. (*)

Berita ini diterima Mediamu dari SD Muhammadiyah Karangkajen

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here