Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan

Membanggakan! Siswi SMA MOEGA Juara Tari Kreasi Tingkat Kota

YOGYA – Sekolah Muhammadiyah tiada hentinya konsisten mencetak pelajar berprestasi. Terbaru, Adelia Embun Kusumawati, siswi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta (MOEGA) dari kelas X MIPA 1, berhasil meraih juara pertama dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bidang tari kreasi individu, tanggal 29-31 Mei 2023.

Hebatnya lagi, Adelia memperoleh prestasi ini dengan proses latihan yang singkat, yakni 1 pekan. Diungkapkan oleh Waka Kesiswaan Safitri Mila Esta Murata, S.Pd., persiapan terkendala jadwal dari Adelia dan pelatih yang sangat penuh, sehingga hanya bisa persiapan secara singkat.

“Tetapi karena adanya dukungan penuh dari keluarga dan sekolah, Adelia bisa memaksimalkan waktu yang singkat itu,” ungkap Esta.

FLS2N merupakan kompetisi yang diadakan setiap tahun oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan diikuti oleh siswa SMA/MA nasional. Kompetisi dilakukan secara bertahap, mulai dari seleksi tingkat Kota, Provinsi, dan Nasional.

Dalam kompetisi ini, lomba yang diadakan terdiri dari baca puisi, gitar solo, monolog, tari kreasi, menyanyi solo, desain poster, film pendek, kriya, komik digital, cipta lagu, cipta puisi, jurnalistik, fotografi, dan menulis cerpen.

Adelia pada lomba tari kreasi menampilkan tarian yang berjudul “Ngiguh Uwuh”. Dalam tarian ini, diceritakan bahwa sampah adalah musuh dari kehidupan masyarakat di Indonesia, akan tetapi peluang untuk membuat sampah menjadi daya tarik tersendiri dan bisa dibudidayakan sangatlah besar.

Tarian ini terinspirasi dari botol dan plastik yang sering masyarakat lupakan dan ternyata bisa diolah jadi nilai seni yang tinggi, salah satunya wayang dan desain pajangan yang menarik.

Nduk…..tak kandani yo… sing jenenge sampah plastik kui nek di delok pancen kaya barang sing ngregeti, ning nek ketemu wong sing nalare mlaku lan sdm e mumpuni sampah plastik kui bisa diolah dadi samubarang lir, mula nduk awake dewe kudu bisa ngiguh lan mbudidaya, supaya sampah kui bisa dadi berkah.” itulah cuplikan pesan dalam karya “Ngiguh Uwuh” ini.

Dengan menampilkan karya tersebut hasilnya pada Kamis (8/6), Adelia keluar sebagai pemenang dalam kategori tari kreasi serta berhak mendapatkan tropi, piagam, dan uang hadiah. Istimewanya, SMA MOEGA menjadi satu-satunya wakil sekolah Muhammadiyah yang juara di FLS2N ini.

Raihan ini juga menambah prestasi Adelia di bidang tari. Sebelumnya, secara berkelompok perempuan kelahiran Gunungkidul itu menjadi juara 2 OSEBI 2019 tingkat nasional, juara harapan 1 FLS2N 2018 tingkat provinsi, dan juara 2 FLS2N 2021 tingkat provinsi.

Apresiasi tentu datang dari pihak sekolah, dengan memberikan potongan SPP bagi siswa berprestasi, termasuk Adelia, sesuai dengan tingkat kompetisinya.

“Alhamdulillah, siswi SMA MOEGA pada FSL2N SMA/MA tingkat Kota, diwakili oleh Adelia Embun Kusumawati berhasil mendapatkan juara 1 bidang lomba tari kreasi. FSL2N ini sangat didukung oleh guru-guru dan tim pelatih,” tutur Kepala Sekolah Fitri Sari Sukmawati, M.Pd.

Setelah ini, Adelia akan maju ke FLS2N tingkat provinsi dan selain itu, SMA MOEGA juga sedang berjuang pada kompetisi OPSI/ penelitian tingkat Nasional.

“Kami mohon doanya supaya bisa lolos dan juara sampai tingkat Nasional. Aamiin,” kata Esta. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here