Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Masjid Uswatun Hasanah Adakan Kajian Parenting Sambut Ramadhan

YOGYA – Bulan Ramadan sebentar lagi akan tiba. Seluruh umat Islam tentunya menyambut dengan suka cita dengan berbagai macam cara.

Seperti yang dilakukan oleh Takmir Uswatun Hasanah dengan menggelar Kajian Parenting di Masjid Uswatun Hasanah pada hari Jum’at (24/2), pukul 20.00 WIB. Kajian yang dibuka untuk umum dan diikuti oleh 125 warga sekitar Kampung Serangan ini menghadirkan narasumber Deri Rizki Anggarani, Founder Sekolah Calon Ayah (SCI), Sekolah Calon Ibu (SCI), dan Kepompong Educare

Dalam sambutannya, Ibnu Hajar selamu Ketua Takmir Masjid Uswatun Hasanah mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh panitia dan kesediaan narasumber untuk hadir dan sharing bareng dengan warga Serangan.

“Terima kasih atas partisipasi semua panitia Kajian Parenting  dan kehadiran Teh Deri sebagai narasumber malam ini,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan maksud diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk membangun kedekatan emosi dan psikologis anak dan orang tua.

Sementara itu Teh Deri dalam paparan materinya yang mengangkat tema “Peran Orang Tua dalam Mempersiapkan Anak Menuju Ramadan” tersebut. Ia memulainya dengan menjelaskan sebelum  melaksanakan tugas mendidik anak, orang tua perlu mengenali karakteristik mendasar anak laki-laki  dan perempuan, bahwa  otak anak  laki-laki  dan perempuan memiliki sistem dan fungsi yang berbeda.

Teh Deri juga menjelaskan perlunya persiapan mental dan spiritual juga stamina fisik anak dalam menghadapi persiapan Ramadan.

“Menciptakan suasana puasa di rumah dan membiarkan mereka terlibat dengan kegiatan Ramadan di masjid terdekat bersama dengan teman dan tetangganya,” jelasnya.

Menurutnya, jika orangtua mesti merekayasa peran dan intensitas emosi dalam keluarga bagi anak generasi akil baligh serta adab dan bahasa. (*)


Materi berita ini diterima Mediamu.id dari Dewi Istiqomah (SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here