Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan

Mu’allimin Gelar Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Profesional bagi Guru

YOGYAKARTA — Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini menuntut semua pihak melakukan berbagai upaya cerdas dan inovatif agar tetap bisa eksis. Bidang pendidikan merupakan salah satu aspek mendasar yang secara konten menuntut hal tersebut. Konsep belajar tiada henti dalam segala situasi harus mampu menjadi semangat terus berkreasi dalam rangka turut mencerdaskan anak-anak negeri sebagai generasi emas bangsa di masa depan.

Untuk menyikapi hal tersebut, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menggelar worshop atau pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis aplikasi Kinemaster bagi seluruh guru di kampus setempat, Selasa-Kamis 4 hingga 6 Agustus 2020.

Direktur Madrasah Mu’allimin, H Aly Aulia Lc MHum, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dirancang khusus untuk memberikan pengetahuan sekaligus keterampilan kepada guru dalam proses pembuatan video pembelajaran secara mandiri. Prosesnya mencakup aspek persiapan materi, rekaman, hingga editing yang dilakukan secara mandiri dan fleksibel dimanapun dan kapan saja.

“Kegiatan ini merupakan program lanjutan setelah sebelumnya para guru melakukan syuting video pembelajaran dibantu para operator di tiga studio yang disediakan madrasah,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, segenap komponen madrasah harus saling membahu agar hak-hak dasar para siswa tetap mendapat porsi utama dalam layanan edukasi yang dilakukan. Secara optimal, Mu’allimin dituntut melakukan berbagai upaya positif agar proses pembelajaran di masa pandemi ini dapat berjalan dan tetap berkualitas.

Materi kegiatan pelatihan yang wajib diikuti seluruh guru yang berjumlah 105 orang ini adalah Hendrawan Setiawan, instruktur dalam pembuatan video melalui aplikasi Kinemaster.

“Saat ini, membuat video interaktif bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Hanya dengan ponsel, para guru bisa memproduksi video profesional,” kata Hendrawan.

Selain teori, peserta juga diberikan kesempatan praktik langsung di outdoor studio yang disediakan. Perangkat syuting mandiri seperti greenscreen, tripod, lighting, dan lainnya juga dipersiapkan agar guru familiar dengan perlengkapan tersebut. 

Output yang dapat dijadikan indikator keberhasilan kegiatan ini adalah setiap guru mampu membuat video pembelajaran sendiri secara menarik dan profesional untuk menunjang tugas-tugas mengedukasi siswa, utamanya selama pandemi Covid-19 dengan sistem pembelajaran berbasis online. (*)


Sumber: Rilis Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here