Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Feb 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ajang Peningkatan Kualitas, SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Islamic Competition Inspiratif! 21 Siswa Terbaik SMA MUHI Yogyakarta Lulus sebagai Tahfidz Rayakan Milad, SMA Mutu Yogyakarta Gelar Turnamen Bulu Tangkis Antar SMP/MTs se-DIY SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Gelar Turnamen Sepak Bola Antar SMP/MTs Se-DIY Milad ke-76 Tahun, SMP Muhammadiyah 1 Sleman Gelar Jalan Sehat Diikuti Ribuan Peserta Tim Kemenko Marves Apresiasi Gerakan Sedekah Sampah SMP Muhdasa Latih Kesiapan Siswa Jelang ASPD, Muhdasa Gelar Tryout Akbar SD/MI Hebat! SMP Muhdasa Raih Beragam Prestasi di Olimpiade Ahmad Dahlan 2024 Resmikan Gedung SD Muhammadiyah Balerante, Sri Purnomo: Renovasi Wujud Peningkatan Kualitas Pendidikan SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Sukses Borong 15 Medali Olympicad DIY 2024 Selesai Rehab, SD Muhammadiyah Notoprajan Gelar Tasyakuran dan Serah Terima Kunci Santri MBS Al-Muttaqiin Gedangsari Siap Borong Medali OlympicAD 2024 DIY Siapkan Masa Depan Siswa, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Adakan Pembekalan Lewat Program Sekolah, Siswa SMA Muhi Yogya Berumrah ke Tanah Suci Pelajari Budaya dan Bahasa Arab, Muallimin Gelar Arabic Camp 2024 di Mesir Terbang ke Malaysia-Singapura, Mu'allimin Gelar International English Camp Luar Biasa, SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sumbang Wisudawan BTHQ Terbanyak 14 Siswa SMK Muhammadiyah Kretek Terima Beasiswa Mentari Lazismu UMY Sukses SMA Al Mujahidin Wonosari: Sederet Prestasi Hingga Studi Lanjut ke Luar Negeri Menyesuaikan Diri Kembali ke Sekolah Setelah Libur Panjang

Tim Kemenko Marves Apresiasi Gerakan Sedekah Sampah SMP Muhdasa

YOGYA - Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut Kementrian Koordinator Maritim dan Investas (Kemenko Marves) melaksanakan kunjungan ke SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta (Muhdasa) pada Jumat (5/2). Tim melakukan kunjungan untuk melihat secara langsung kegiatan penyetoran sedekah sampah yang dilaksanakan tiap jum’at pagi untuk seluruh siswa, guru, dan tendik. 

Mendampingi tim tersebut, Kepala Sekolah SMP Muhdasa, Esti Priyantini, S.S., M.Pd.BI. Ia kemudian menjelaskan terkait teknis dan mekanisme Gerakan Sedekah Sampaj (GSS) Berjalan di sekolahnya.

"Beberapa siswa berseragam identitas sekolah menenteng kantong plastik memasuki pelataran gedung sekolah. Mereka bergegas menuju sudut sekolah tempat penerimaan sedekah sampah. Sebagian lain menenteng kardus bekas dengan diikat tali raffia. Kemudian petugas menyortir dan memilah sesuai jenisnya satu per satu. Ada kategori botol air mineral, gelas plastik, kertas, hingga kardus. Di sudut lain tampak petugas sedang melakukan packing sampah sesuai jenisnya untuk kemudian di tata siap untuk dijual," tuturnya.

“Demikian aktivitas GSS (Gerakan Sedekah Sampah) yang diselenggarakan oleh SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, harapannya para siswa bisa memanfaatkan sampah yang tidak seberapa menjadi amal jariyah. Selain itu bermanfaat untuk pengembangan sekolah dan siswa” tambah Esti menjelaskan.


Sesekali, Esti mengaku melibatkan anak dalam pencatatan dan penimbangan. Tujuannya untuk mengedukasi anak-anak pada isu lingkungan dan memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang berguna.

Tim Kemenko Marves yang terdiri dari enam personal ini saat kunjungan menyampaikan bahwa gerakan sedekah sampah sebagai unsur penting dari pengelolaan sampah di masyarakat Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi gerakan ini, di mana kita berkomitmen untuk hal yang lebih baik lagi di bumi kita. Sampah adalah salah satu kontirbutor pada perubahan iklim, maka dari itu pendekatannya harus didukung berbagai elemen seperti contohnya rekayasa teknologi.” Ungkap salah satu personal tim.

Tim ini berharap Gerakan Sedekah Sampah dapat menjadi gerakan yang diaplikasikan di sekolah-sekolah. Tidak semata-mata untuk menggalakkan pengurangan dan pengelolaan sampah di masyarakat, tetapi juga meningkatkan kesalehan individu dan peran sekolah sebagai unsur  penting dalam pendidikan.

Berita ini diterima mediamu.com dari Rilisan Pers SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here