Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih SMP Muhdasa Gelar Pengajian Syawal, Ingatkan Pentingnya Ketaqwaan Pertama Kali! SMK Muhammadiyah 1 Kalasan Buka Jurusan Seni Musik Populer Sukses di Tingkat Kabupaten, Tujuh Siswa SMA Al Mujahidin Wonosari Tembus OSN provinsi Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan

Bahas Sekolah Penggerak, Muhdasa Dikunjungi Tamu dari Lubuk Linggau

YOGYA – SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta (Muhdasa) kembali mendapatkan kunjungan. Kali ini datang dari Sumatera Selatan, dimana perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau yang berjumlah 11 pengawas dan 1 Kepala Dinas mengunjungi SMP Muhdasa pada Rabu (11/6), serta disambut hangat oleh Kepala Sekolah, jajaran Guru, dan Tenaga Kependidikan.

Kedatangan tamu dari Lubuklinggau tersebut dalam rangka melaksanakan studi banding pelaksanaan sekolah penggerak, disampaikan oleh Kepala SMP Muhdasa Esti Priyantini, S.S., M.Pd, B.I.

“Kunjungan ini merupakan hal yang tak terduga karena baru kemarin kami mendapat kabar dari Dinas Pendidikan bahwa nanti akan ada tamu untuk meninjau sekolah penggerak dari Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Akan tetapi, kunjungan ini membuat kami keluarga besar SMP Muhdasa bangga karena kami bisa saling bertukar pikiran dalam melaksanakan sekolah penggerak kedepannya,” ujar Esti.

Disdikbud Lubuklinggau yang datang terdiri dari Kepala Dinas Dr. H. Dian Candera, M.Si.. serta 11 pengawas, yakni Idham Kholik, M.Pd., Maspa Korbani, Zulkasari, Misgiono, Sri Aguslaskawa, Endang Puspitasari, Esi Herleni, Eka Silvana, Ika Irmaita, Hj. Umi Kalsum, dan A. Junaidi.

Pada kunjungan ini, mereka berkesempatan diskusi dengan pihak SMP Muhdasa. Selain Kepala Sekolah, dari Muhdasa juga diwakili oleh waka kurikulum sekaligus komite penggerak, Winda Noor Santi, S.Si., M.Pd. Kedua pihak berdiskusi terkait pelaksanaan penggerak, implementasi kurikulum merdeka, pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pancasila (P5), dan program sedekah sampah yang menjadi program unggulan Muhdasa.

Terbukti, mereka sangat antusias dalam menggali informasi terkait pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka di Muhdasa dan program lainnya. Muhdasa pun menanyakan terkait implementasi kurikulum merdeka di Kota Lubuklinggau yang sedikit berbeda dengan implementasi kurikulum merdeka di Muhdasa.

Kebaruan-kebaruan dalam pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka akan dijadikan sebagai bahan evaluasi, khususnya dalam meningkatkan kualitas sekolah. Kunjungan diakhiri dengan mengelilingi Muhdasa dengan melihat bagaimana tata letak masing-masing ruang dan melihat fasilitas yang ada di Muhdasa. Dari Lubuklinggau sangat berkesan melihat sekolah yang hijau, bersih, dan nyaman.

“Saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang telah diberikan kepada tim kami dan akan kami implementasikan di tempat kami. Saya juga merasa senang bisa berkunjung ke SMP Muhdasa dengan penyambutan yang ramah dan hangat. Semoga silaturahmi kita tetap akan terjalin,” tutur Dian selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau.

Semoga dengan adanya studi banding dari Lubuklinggau ini menjadikan cambuk untuk Muhdasa agar lebih baik lagi dalam pengimplementasian kurikulum merdeka, sekolah penggerak, dan pelaksanaan P5 agar menjadi sekolah yang unggul dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah unggul lainnya di kancah nasional. (*)


Berita ini diterima Mediamu.id dari SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here