Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Feb 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ajang Peningkatan Kualitas, SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Islamic Competition Inspiratif! 21 Siswa Terbaik SMA MUHI Yogyakarta Lulus sebagai Tahfidz Rayakan Milad, SMA Mutu Yogyakarta Gelar Turnamen Bulu Tangkis Antar SMP/MTs se-DIY SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Gelar Turnamen Sepak Bola Antar SMP/MTs Se-DIY Milad ke-76 Tahun, SMP Muhammadiyah 1 Sleman Gelar Jalan Sehat Diikuti Ribuan Peserta Tim Kemenko Marves Apresiasi Gerakan Sedekah Sampah SMP Muhdasa Latih Kesiapan Siswa Jelang ASPD, Muhdasa Gelar Tryout Akbar SD/MI Hebat! SMP Muhdasa Raih Beragam Prestasi di Olimpiade Ahmad Dahlan 2024 Resmikan Gedung SD Muhammadiyah Balerante, Sri Purnomo: Renovasi Wujud Peningkatan Kualitas Pendidikan SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Sukses Borong 15 Medali Olympicad DIY 2024 Selesai Rehab, SD Muhammadiyah Notoprajan Gelar Tasyakuran dan Serah Terima Kunci Santri MBS Al-Muttaqiin Gedangsari Siap Borong Medali OlympicAD 2024 DIY Siapkan Masa Depan Siswa, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Adakan Pembekalan Lewat Program Sekolah, Siswa SMA Muhi Yogya Berumrah ke Tanah Suci Pelajari Budaya dan Bahasa Arab, Muallimin Gelar Arabic Camp 2024 di Mesir Terbang ke Malaysia-Singapura, Mu'allimin Gelar International English Camp Luar Biasa, SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sumbang Wisudawan BTHQ Terbanyak 14 Siswa SMK Muhammadiyah Kretek Terima Beasiswa Mentari Lazismu UMY Sukses SMA Al Mujahidin Wonosari: Sederet Prestasi Hingga Studi Lanjut ke Luar Negeri Menyesuaikan Diri Kembali ke Sekolah Setelah Libur Panjang

3 Langkah untuk Membangkitkan Sekolah Muhammadiyah

Suasana Konsolidasi Akbar Guru Muhammadiyah se-Sleman. Foto: MPI PDM Sleman

SLEMAN - Ribuan guru Muhammadiyah se- Kabupaten Sleman memadati GOR Pangukan Sleman untuk mengikuti Konsolidasi Akbar Forum Guru Muhammadiyah Sleman., Hari Jum’at (24/11). 

Konsolidasi ini diwarnai penuh dengan agenda dan acara, mulai dari penampilan IGABA Kabupaten Sleman dan grub band kolaborasi SMP Muhammadiyah se- Sleman. Selingan Lagu Hymne Guru oleh Harsoyo, dari SD Muhammadiyah Condongcatur, membuat acara berlangsung dengan khidmat.

Ketua Forum Guru Muhammadiyah Sleman Sigit, S.Pd mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi semua guru anggota Forum Guru Muhammadiyah, yang merupakan organisasi profesi yang menaungi guru amal usaha yang harapannya menjadi pendorong semangat bermuhammadiyah yang berkemajuan.

H. Harjaka, S.Pd., S.Ag., M.A. selaku Ketua PDM Sleman menandaskan kepada segenap guru Muhammadiyah yang hadir dalam kesempatan ini agar guru-guru Muhammadiyah Kabupaten Sleman ikhlas mendidik membina murid-murid kita serta memiliki rasa senang tentang ilmu pengetahuan. 

Menurutnya, ada tiga macam jenis guru. "Pertama, guru makruh yang tidak diinginan guru dan siswa. Kedua, guru mubah yang ada dan tidaknya, tak berpengaruh pada sekolah maupun siswa. Ketiga, guru wajib, dimana hadirnya senantiasa diharap-harapkankan guru dan siswa, dan betul-betul mendidik membina," jelas Harjaka.

Senada dengan Harjaka, Ketua Pengurus Forum Guru Muhammadiyah Pusat, Sutomo M.Ag. menekankan setidaknya ada tiga langkah yang perlu dilakukan untuk membangkitkan sekolah Muhammadiyah. Pertama, branding sekolah melalui medsos, website, dan media. Kedua, mengubah mindset seluruh jajaran yang terkait dengan sekolah dengan semangat berkemajuan. Ketiga, mencetak produk yang terbaik dalam pendidikan.

Konsolidasi ini juga dihadiri Calon Anggota DPD RI urusan Muhammadiyah, Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, M.M. yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa guru Muhammadiyah merupakan gabungan kekuatan fisik, tentang kebermanfaatan, diawali dengan keikhlasan melebur bersama menjadi keteladanan. 

Sebagaimana dalam surat Al Mujadah, Allah janjikan kenaikan beberapa tingkat orang berilmu dari yang tidak berilmu. "Keikhlasan hubungannya dengan Allah bukan dengan Kepala Sekolah, bukan dengan PDM, bukan berapa gaji yang diterima tapi dengan Allah," ujar Bendahara Majelis Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata PP Muhammadiyah itu. 

Di sela - sela acara, terdapat penampilan Stand Up Komedi Weka Arianto S.Pd, salah satu guru Muhammadiyah di Sleman tentang dunia pendidikan yang mampu menjadi hiburan segar bagi para peserta. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari MPI PDM Sleman

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here