Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Jul 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
SMK MODELS Luncurkan Water Station, Inovasi Pengendali Sampah Plastik di Sekolah Tim Tari SMP Muhdasa Yogya Semarakkan Puncak Milad NA ke-96 Siap Jadi Content Creator, Lulusan SMP/MTs se-DIY Ikuti Workshop SMK Muhammadiyah 1 Yogya Mendunia! SMA Muhammadiyah 2 Yogya Bertukar Siswa Virtual dengan SMA di Taiwan Rayakan Kelulusan dan Pelepasan Siswa, SMP Muhdasa Yogya Gelar Haflah Akhirussanah Alhamdulillah Berkah Iduladha, Siswa Mubaligh Hijrah SMA Muha Safari Qurban di Samigaluh Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Raih Capaian Gemilang dalam SNBT 2024 Class Meeting SMP Muhdasa Yogya Jadi Ajang Jalin Ukhuwah dan Pelepas Penat Para Siswa Satu-satunya di DIY, SMK Muhammadiyah 3 Yogya Sukses Konversi Motor Listrik Tingkatkan Motivasi Guru dan Tendik, SMP Muhdasa Yogya Gelar Stadium General SD 2 Muhammadiyah Kota Langsa Lakukan Field Trip, Belajar Hidroponik Untuk Masa Depan SMP Muhdasa Yogya Gelar Raker, Siap Bersinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhdasa Gelar Webinar Penyusunan Modul Ajar SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Rapat Koordinasi LPJ Program   Luar Biasa! Drumband SD Muhammadiyah Karangtengah Borong Piala di Lomba Marching Band Tak Nyangka! Pertama Kali Ikut Lomba, Siswa SMA Muha ini Langsung Juara 1! Siap Bersaing di Dunia Kerja, Ratusan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Resmi Wisuda Mendunia! Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Ikuti Short Course di Jepang Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogya Berbagi Sembako ke Masyarakat Semugih

Unisa Gandeng SMP Muhdasa Yogya Bentuk PIK-R, Siapkan Perencanaan Hidup Remaja

YOGYA - Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) menjadi elemen siswa yang penting untuk membersamai tumbuh kembang remaja. Di lingkungan sekolah, siswa-siswi anggota PIK-R berperan aktif sebagai konselor sebaya dengan tujuan supaya siswa lebih akrab dan leluasa dalam menyampaikan keluh kesahnya.  

Melalui PKM Hibah Majelis Diktilitbang PP 'Aisyiyah yang dilaksanakan oleh Dosen Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fikes Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) beserta timnya (dosen dan mahasiswa) melaksanakan sosialisasi dan pembentukan Pengurus Pengurus Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (PIK-R) Di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, Rabu (14/06) lalu.

Ketua Pengabdian Masyarakat, Dr. Dhesi Ari Astuti, S.S.IT., M.Kes. mengatakan bahwa Kegiatan pengabdian ini adalah Pembentukan Konselor Sebaya dalam Upaya Mewujudkan Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (PIK-R) Di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta (Muhdasa), di mana kegiatan ini memberikan pelatihan kepada siswa tentang materi kesehatan reproduksi remaja dan praktik konseling.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan PIK Remaja serta mengembangkan kegiatan yang memacu kelompok-kelompok tersebut untuk lebih maju dan mandiri. Selain itu, dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan akan mendorong setiap PIK Remaja untuk berusaha meningkatkan kualitas dan kapasitasnya.

Guru Bimbingan Konseling SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta Sarjiyah, S.Pd. menyambut baik pembentukan pengurus PIK-R berharap para pengurus menjadi pionir dan contoh bagi siswa-siswi SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta.

Ketua PKM  Unisa Yogyakarta ini juga berharap agar para pengurus  bisa memberikan motivasi yang positif, dengan materi yang sudah didapatkan tidak hanya menambah pengetahuan tetapi juga memberikan manfaat bagi teman-teman sebayanya.

Lebih lanjut Kepala SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, Esti Priyantini, S.S., M.Pd.BI. menambahkan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas PIK Remaja khususnya di Muhdasa. “Kesiapan berkeluarga merupakan salah satu kunci terbangunnya ketahanan keluarga sehingga diharapkan mampu melahirkan generasi berkualitas dan bebas stunting,” kata Esti.

Harapan kedepannya PIK-R ini bisa berjalan dengan lancar dan inovatif serta dapat memberikan Informasi yang Positif di kalangan Remaja," tuturnya. (Dee)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here